ANALISIS PENDAPATAN NELAYANDI DESA KAHYANGA KECAMATAN TOMIA TIMUR KABUPATEN WAKATOBI

Authors

  • Muhammad Hakim Pribadi Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/fkip.v10i1.690

Keywords:

Analisis, Pendapatan, Nelayan

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah seberapa besar pendapatan nelayan di Desa Kahyanga Kecamatan Tomia Timur  Kabupaten Wakatobi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pendapatan nelayan di desa Kahyanga kecamatan Tomia Timur kabupaten Wakatobi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif..Populasi dalam penelitian ini adalah semua masyarakat nelayan yang ada di Desa Kahyanga Kecamatan Tomia Timur Kabupaten Wakatobi sebanyak 30 orang. Sampel dalam penelitian ini di tetapkan dengan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.

            Hasil penelitian menunjukan bahwa pendapatan nelayan yang diterima yaitu pendapatan di desa kahyanga Kecamatan Tomia Timur Kabupaten Wakatobi pendapatan bersih sebesar Rp. 27.388.000 yang berjumlah 30 orang.Nelaya di Desa Kahyanga alat-alatnya masih menggunakan alat tangkap tradisional sehingga mempengaruhi pendapatan nelayan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arwin. (2003). Analisis pemasaran Agribisnis Pengasapan Ikan terhadap Peningkatan Pendapatan Nelayan di Kabupaten Bone.

Barus dkk. (1991). Kebutuhan Penelitian Untuk Mendukung Pengelolaan dan Pengembangan Perikanan Tangkap (laut) Dalam Pengembangan Jangka Panjang. Direktorat Jenderal Perikanan.

Ernawaty & Ferils. (2020). Tenaga Kerja, Modal Kerja dan Teknologi Pengaruhnya Terhadap Pendapatan Nelayan Desa Bambu Kecamatan Mamuju. Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan. STIE Muhammadiyah Mamuju., Volume 1 N.

Jumiati. (2012). Pendapatan Nelayan Pada Agribisnis Pengasapan Ikan Cakalang Analisis. Volume 1(Nomor 1 Juni 2012).

Lisdin. (2013). Indonesia Pulau Terbesar dan Terbanyak. https://www.dpr.go.id/dokakd/dokumen/RJ1-20190425-125010-5297.pdf

Sitti Appriani Ceppy. (2019). Analisis Pendapatan Masyarakat Nelayan Di Desa Langere Kecamatan Bonegunu Kabupaten Buton Utara. Universitas Dayanu Ikhsanuddin.

Undang-Undang Nomor 31 Tentang Perikanan, (2004).

Downloads

Published

2022-01-15

Issue

Section

Articles