PENGARUH RESPON SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 4 BAUBAU

Authors

  • Ardiansyah Wira Armin Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Rismayani Armin Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/fkip.v10i1.714

Keywords:

Respon Siswa, Matematika, Hasil Belajar

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh positif yang signifikan terhadap respon siswa dalam pembelajaran matematika berbasis daring terhadap hasil belajar siswa kelas IX SMP Negeri 4 Baubau. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh positif yang signifikan terhadap respon siswa dalam pembelajaran matematika berbasis daring terhadap hasil belajar siswa kelas IX SMP Negeri 4 Baubau. Penelitian ini menggunakan metode Expost facto dengan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 4 Baubau yang terdiri dari 11 kelas dengan jumlah 344 siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara acak sederhana dengan rumus slovin pada tingkat kepercayaan 90% dan taraf kesalahan 10% sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 77 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Variabel penelitian meliputi angket respon siswa dalam pembelajaran matematika berbasis daring sebagai variabel independen dan hasil belajar sebagai variabel dependen. Teknik analisis data yang diperoleh menggunakan analisis deskriptif dan inferensial dalam bentuk analisis regresi sederhana. Bersumber dari hasil analisis data dan taksiran regresi sederhana penilaian angket respon siswa (X) terhadap hasil belajar (Y) menghasilkan nilai signifikansi pada 0,018< 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan respon siswa dalam pembelajaran matematika berbasis daring terhadap hasil belajar siswa kelas IX SMP Negeri 4 Baubau. Dengan demikian dapat dibentuk persamaan model regresi linear sederhana yaitu ŷ = 39.419 + 0.264x.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, S., & Sari, D. I. (2021). Efektivitas Penggunaan Platform Google Meet Terhadap Hasil Belajar Siswa. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(1), 45–49.

Asrammadan, & Armin, R. (2020). Investigasi Perkembangan Belajar Siswa Kelas V dalam Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 1(3), 265–276.

Azis, A., & Ali, S. (2019). Pengaruh Jam Belajar Pada Mata pelajaran Matematika terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Batauga. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 5(2), 94–101. https://doi.org/10.31219/osf.io/pfu6j

Fitria, W. A., & Nurlita, M. (2020). Pengaruh Kepercayaan Diri dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Siswa Melalui Daring SMP Negeri 18 Baubau. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 6 (2), 152–162.

Mandailina, V., Syaharuddin, Pramita, D., Ibrahim, & H. (2021). Pembelajaran Daring Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Selama Pandemi Covid-19: Sebuah Meta-Analisis. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 3(2), 120–129.

Nugraha, S. A., Sudiatmi, T., & Suswandari, M. (2020). Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV. JIP: Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 265–276.

Rahmawati, F., Fatimah, V., Buraidah, N. L., El Wa’fa, A. R., Faizah, S. N., & Mukaromah, A. (2021). Efektivitas Video Belajar Dalam Pembelajaran Daring Matematika Materi Transformasi Pada Siswa SMP. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics, 5(2), 202–211.

Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian (29th ed.). ALFABETA, C.V.

Suharti. (2021). Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Edmodo dalam Menyongsong Era Revolusi Industri 4.0 terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1025–1038.

Wahyuni, V. N. (2021). Efektivitas Penggunaan Google Meet Dalam Pembelajaran Daring Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Al-Islam Plus Krian Sidoarjo. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Downloads

Published

2022-06-02

Issue

Section

Articles