PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TANYA JAWAB DENGAN VARIASI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKn MATERI IDIOLOGI PANCASILA BAGI SISWA KELAS X IPA 2 SMA NEGERI 3 BAUBAU TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Authors

  • Sadariya Sadariya SMA Negeri 3 Baubau

DOI:

https://doi.org/10.55340/fkip.v10i1.715

Keywords:

Tanya jawab, Media, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui penerapan pembelajaran tanya jawab dengan variasi media pembelajaran dalam pembelajaran PPKn; dan (2) untuk mengetahui efektivitas penerapan Metode pembelajaran tanya jawab dengan variasi media pembelajaran dalam pembelajaran PPKn terhadap peningkatan hasil belajar siswa; Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK) dimana subyek dalam penelitian ini adalah 36 orang siswa yang mengikuti post tes pada bahan ajar Pancasila sebagai Dasar Negara dan Ideologi Negara dengan pembelajaran model Cooperatif Learning. Adapun hasil analisis data dalam penelitian ini adalah dari siswa yang berjumlah 36 siswa yang mengikuti post tes pada bahan ajar Pancasila sebagai Dasar Negara dan Ideologi Negara dengan pembelajaran model Cooperatif Learning ada17 orang yang dapat dinyatakan lulus (47,22%) dan sisanya sekitar 19 orang dinyatakan belum lulus (52,78%). Data tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar dalam bahan ajar tersebut dapat dinyatakan belum tuntas. Ketidaktuntasan tersebut terlihat dari bukti prosentase kelulusan seluruh siswa hanya mencapai 47,22%. Prosentase tersebut jauh dari prosentase ideal antara 80%-100%. Bahkan prosentase kelulusan tersebut ternyata lebih kecil daripada persentase ketidaklulusan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Depdikbud. (1996). Tujuan Pembelajaran Matematika SD. Depdikbud.

Depdiknas. (2003). Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktoral Pendidikan Lanjutan Pertama.

Munandir. (2000). Ensiklopedia Pendidikan. UM Press.

Silberman, M. L. (2002). Active Learning, 101 Strategi Pembelajaran. Yappendis.

Sudirman dkk. (1987). Ilmu Pendidikan. Remadja Karya CV.

Wiriaatmadja, R. (2005). Metode Penelitian Tindakan Kelas. PPS UPI dan Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2022-06-02

Issue

Section

Articles