UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM PADA SISWA KELAS X IPA 2 SMA NEGERI 3 BAUBAU
DOI:
https://doi.org/10.55340/fkip.v10i1.716Keywords:
Hasil Belajar, Model Pembelajaran QuantumAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran kuantum agar dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 3 Baubau. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 3 Baubau pada tahun pelajaran 2019/2020 yaitu sebanyak 30 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kuantum terhadap siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 3 Baubau pada pokok bahasan larutan penyangga dapat meningkatkan: (1) hasil belajar kimia dengan tingkat ketuntasan mencapai 93,33% (siklus II), (2) aktivitas belajar siswa dari 50,41 % pada siklus I menjadi 80,001% pada siklus II.
Downloads
References
Arikunto dkk. (2013). Penelitian Tindakan Kelas (edisi revisi). Bumi Aksara.
DePorter B et al. (2010). Quantum Teaching: Orchestrating Student Success. Kaifa.
Fuad Abd. Rachman dkk. (2017). Penerapan Model Quantum Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI SMA Negeri 14 Palembang. Jurnal Penelitan Pendidikan Kimia, Volume 4(Nomor 2).
Rahma Rosita. (2013). Penerapan Model Pembelajran Quantum Teaching. FITK Uin Ar-Raniry.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. PT. Rineka Cipta.
Trianto. (2011). Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas. Prestasi Pustakarya.