MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VII-9 SMP NEGERI 1 BAUBAU TAHUN PELAJARAN 2020/2021 (SEMESTER GENAP) MELALUI MEDIA ULAR TANGGA PADA MATERI EKOSISTEM

Authors

  • Abdul Rahman SMP Negeri 1 Baubau

DOI:

https://doi.org/10.55340/fkip.v10i1.717

Keywords:

Hasil Belajar IPA, Media Ular Tangga Materi Ekosistem

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan mengetahui sejauhmana keberhasilan penggunaan media ular tangga pada materi ekosistem dan secara khusus dapat mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas VII-9 SMP Negeri 1 Baubau pada materi ekosistem. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Baubau pada kelas VII-9 dengan siswa yang berjumlah 28 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dimana dilaksanakan dengan dua siklus. Teknik pengumpulan data berupa lemba observasi, kuesioner dan tes hasil belajar. Hasil persentase penelitian mengenai aktivitas siswa dalam pembelajaran berdasarkan: 1) memperhatikan penjelasan guru; 2) belajar dalam kelompok; 3) menulis yang relevan dalam pembelajaran; 4) berdiskusi dalam kelompok; 5) berdiskusi antara kelompok; 6) menyampaikan gagasan; 7) merangkum materi pelajaran; dan 8) perilaku yang tidak relevan pada siklus I (26,4. 13,4. 16,8. 15,3. 9,9. 7,4. 6,1. dan 2,8) terjadi peningkatan pada siklus II (27,3. 13,9. 17,3. 16,1. 10,5. 7,6. 6,3. dan 1,5). Hasil motivasi belajar siswa dengan menggunakan media ular tangga pada siklus I sebesar 3,25 (kategori cukup) yang meningkat pada siklus II menjadi 3,65 (kategori baik). Hasil belajar siswa tentang pemahaman dan penguasaan konsep pada siklus I mencapai 69,3% siswa tuntas dan 30,7% siswa tidak tuntas mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 80,0% siswa tuntas dan 20,0% siswa tidak tuntas. Berdasarkan hal tersebut di atas, maka media ular tangga pada materi ekosistem dapat meningkatkan nilai hasil belajar siswa kelas VII-9 SMP Negeri 1 Baubau.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi A. (2004). Psikiologi Belajar. PT Asdi Mahasatya.

Angkowo, R dan Kosasih, A. (2007). Optimalisasi Media Pembelajaran Mempegaruhi Motivasi, Hasil Belajar dan Kepribadian. PT Grasindo.

Darsono, M. (2000). Belajar dan Pembelajaran. IKIP Semarang Press.

Depdiknas. (2003). Profesional Kurikulum 2004.

Mulyasa, E. (2005). Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik dan Implementasi. PT. Remaja Rosdakarya.

Sanjaya, W. (2006). Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasisi Kompetensi. Prenada Media Group.

Sudibyo, E. (2003). Beberapa Teori yang melandasi Pengembangan Model-Model Pengajaran. Dit PLP Ditjen Dikdasmen Depdiknas.

Downloads

Published

2022-06-02

Issue

Section

Articles