PENERAPAN TEKNIK MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS POKOK BAHASAN TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS X MIA 1 SMA NEGERI 3 BAUBAU TAHUN PELAJARAN 2019/2020
DOI:
https://doi.org/10.55340/fkip.v10i1.720Keywords:
Mind Mapping, Menulis, Bahasa InggrisAbstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana penerapan teknik Mind Mapping dapat meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi bahasa Inggris pada siswa Kelas X MIA 1 di SMA Negeri 3 Baubau. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 3 Baubau yang terdiri dari 28 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi dan tes tertulis. Berdasarkan hasil yang didapat adalah dari hasil observasi menunjukkan rata-rata siklus pertama 63%, sedangkan siklus kedua 83%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan pada kerjasama, keaktifan dan perubahan hasil belajar siswa. Dari hasil tes tulis penguasaan materi menulis teks deskripsi, diperoleh nilai rata-rata siklus pertama hanya 68,39 dengan siswa belum mencapai KKM 75. Sedangkan di siklus kedua nilai rata-rata tes tulis mencapai 82,50 dengan siswa telah mencapai KKM yang diharapkan tersebut. Sehingga membuktikan bahwa hipotesis tindakan dapat dicapai, sehingga dengan penerapan teknik Mind Mapping dapat meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi bahasa Inggris siswa Kelas X MIA 1 di SMA Negeri 3 Baubau Semester Genap Tahun pelajaran 2019/2020.
Downloads
References
Buzan. T. (2007). Buku Pintar Mind Map untuk Anak. PT Gramedia Pustaka Utama.
Chauchan SS. (2009). Technique Mind Mapping. http://www.mindmaping.technique.education
Fauziatul, H. (2019). Penggunaan Metode Mind Mapping sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kompetensi Writing Teks Descriptive. At-Tarbawi: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Kebudayaan, Volume 6 N.
Rosnaningsih dkk. (2019). Pengaruh Strategi Mind Map dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Inggris Siswa Kelas VI SDN Buaran Bambu V Tangerang. ISSN 2579-6461 (Online) ISSN 2460-6324 (Print). Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara ISSN 2579-6461 (Online) ISSN 2460-6324 (Print), Volume 4 N(Januari 2019).
Tarigan, H. G. (2008). Menulis Sebagai Sesuatu Keterampilan Bahasa. Angkasa Bandung.