PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PKN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TPS (THINK PAIR SHARE) DI KELAS XII AKUNTANSI 1 SMK NEGERI 1 BAUBAU
DOI:
https://doi.org/10.55340/fkip.v10i1.721Keywords:
Pengelolaan Pembelajaran, Think Pair ShareAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan manajemen pembelajaran PKn dengan menggunakan model pembelajaran TPS (Think Pair Share). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian siswa kelas XII Akuntansi 1 SMK Negeri 1 Baubau. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Persentase hasil tingkat ketuntasan kemampuan belajar siswa pada siklus I pertemuan I mencapai 24,4% siswa yang tuntas dan 75,6% siswa tidak tuntas. Siklus I pertemuan II terdapat 41,5% siswa yang tuntas dan 58,5% siswa yang tidak tuntas. Pada siklus II pertemuan I terdapat 58,5% siswa yang tuntas dan 41,5% siswa yang tidak tuntas sedangkan pada siklus II pertemuan II meningkat menjadi 100% siswa yang tuntas. Dengan demikian sebagai kesimpulan adalah bahwa manajemen pembelajaran PKn dengan menggunakan model pembelajaran TPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII Akuntansi 1 SMK Negeri 1 Baubau.
Downloads
References
Amin, S. (2011). Metode Make A Match: Tujuan, Persiapan, dan Implementasinya dalam Pembelajaran. http://s4iful4min.blogspot.com/2011/02/metode-make-match-tujuan-persiapan-dan.html.
D. Budimansyah dan S. Syam. (n.d.). Pendidikan Nilai Moral dalam Dimensi Pendidikan Kewarganegaraan. Lab. PKn FPIPS-UPI.
Novi Marlena. (2015). Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. https://www.researchgate.net/publication/316922519
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Kencana.
Undang-Undang Nomor 12, (2012).