UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VII.A SMP NEGERI 7 BAUBAU TAHUN PELAJARAN 2019/2020
DOI:
https://doi.org/10.55340/fkip.v10i1.722Keywords:
Hasil Belajar, Lingkungan, Media PembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa kelas VII.A SMP Negeri 7 Baubau tahun pelajaran 2019/2020 melalui pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai media pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah VII.A SMP Negeri 7 Baubau yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif dan partisipasif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan observasi partisipan dan tes tertulis. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi pokok Klasifikasi Mahluk Hidup. Hal ini didukung dengan data penelitian yang menunjukkan adanya peningkatan persentase ketuntasan tes tertulis yang dilakukan pada pertemuan kedua di setiap siklusnya. Pada saat pra siklus, ketuntasan siswa hanya 38%, setelah dilaksanakan siklus I dengan pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai media pembelajaran persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 69% kemudian pada tindakan siklus II, ketuntasan hasil belajar mencapai 88%.
Downloads
References
Arifin. (2011). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D. Alfabeta.
Asnawir & Usman Basyiruddin. (2002). Media Pembelajaran. Ciputat Pers.
Firmansyah, R. (2009). Mudah dan Aktif Belajar Biologi. Setia Purna Inves.
L Hartanto Nugroho & Issirep Sumardi. (2004). Biologi Dasar. Penebar Swadaya.
Musfiqon. (2012). Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. PT. Prestasi Pustakaraya.
Sardiman, A. . (2006). Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. PT. Raja Grafindo Persada.