Kualitas Pelayanan Kesehatan Pasien Peserta JKN-KIS Bagian Rawat Jalan RSUD Syekh Yusuf Kabupaten Gowa

Authors

  • Zilfadhilah Arranury Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Dian Rezki Wijaya
  • Ranti Ekasari

DOI:

https://doi.org/10.55340/kjkm.v2i2.222

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Pasien JKN-KIS, Pelanggan Internal

Abstract

Kualitas pelayanan pada dasarnya terkait dengan pelayanan yang dapat melayani pasien secara memuaskan. Peningkatan kualitas pelayanan bukan hanya melayani pasien secara memuaskan, tetapi dengan memperhatikan faktor internal institusi. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui gambaran kualitas pelayanan kesehatan pasien peserta JKN-KIS perspektif pelanggan internal di bagian rawat jalan RSUD Syekh Yusuf Kabupaten Gowa Tahun 2018. Peneltian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional study dan dilakukan pada bulan Maret 2018 di bagian rawat jalan RSUD Syekh Yusuf Kabupaten Gowa. Populasi dalam penelitian ini meliputi 47 orang petugas kesehatan dan pengambilan sampel menggunakan total sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan membagikan kuesioner dengan pertanyaan terbuka kepada responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 31 (66%) responden menilai peralatan dan barang logistik kurang memadai, jumlah petugas sesuai dengan jumlah pasien 31 (66%), imbalan finansial sesuai dengan beban kerja 31 (66%) dan fasilitas kesehatan baik 24 (51,1%). Pelaksanaan fungsi manajemen baik 24 (51,1%), hubungan antara petugas baik 47 (100%), responden tidak pernah mengikuti pendidikan dan pelatihan 34 (72,7%), dan motivasi dari manajemen baik 31(66%). Diharapkan manajemen rumah sakit untuk memperhatikan kebutuhan petugas kesehatan sebagai pelanggan internal agar kinerja petugas semakin baik yang kemudian akan mempengaruhi kepuasan pasien.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cholis, Efa Nur & Wijono, D. (2014). Pengaruh Motivasi Eksternal dan Motivasi Internal Terhadap Kinerja Karyawan Pada TK Budi Mulia Dua Pandeansari. Jurnal Maksipreneur, 3 (2): 1–15

Groves, Winnifred. (2014). Professional Practice Skill for Nurses. Nurs Stand, 29 (1): 51–59

Huang, L. K. (2015). Exploring Factors Affecting Top Management Support of It Implementation: A Stakeholder Perspective in Hospital. Journal of Information Technology Management, 26(1): 31–45

Kemenkes RI. (2004). Undang-Undang No. 40 Tahun 2004 Tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional

Kemenkes RI. (2008). Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit

Kemenkes RI. (2009). Undang-Undang Republik Indonesia No. 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit

Kaibung, Loina Irene., Johnson Nzau Mavole & Michael Tedd Okuku. (2017). Infrastructure and Healthcare Service Delivery in Tiaty Sub-County, Baringo County, Kenya. International Journal of Social and Development Concerns, 1(October): 91–102

Mosadeghrad, Ali Mohammad. (2014). Factors affecting medical service quality. Iranian Journal of Public Health, 43 (2): 210–220

Mosadeghrad, Ali Mohammad. (2014). Factors Influencing Healthcare Service Quality. International Journal of Health Policy and Management, 3(2): 77–89

Muninjaya, A. A. G. (2011). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta : EGC

Naya, Alit., Luh Seri Ani, & I Putu Ganda Wijaya. (2014). Hubungan Kompetensi , Kerjasama dan Pengembangan Karir dengan Mutu Pelayanan Paramedik Puskesmas Mengwi I Kabupaten Bandung. Public Health and Preventive Medicine Archive 2 (2): 165-169

Nkrumah, Seth., Francis Baah Yeboah & Ernest Adiwokor. (2015). Client Satisfaction with Service Delivery in the Health Sector: The Case of Agogo Presbyterian Hospital. International Journal of Business Administration, 6(4): 64-78

Park, Geun-wan, Kim, Yongse., Park Kwangtae & Anurag Agarwal. (2016). Patient-centric Quality Assessment Framework for Healthcare Services. Technological Forecasting and Social Change, 113 (part B): 468–474

Perpres RI Nomor 12 Tahun 2013 Tentang Jaminan Kesehatan, (2013).

Sari, Andi Mu., Muh. Alwy Arifin & Anwar Daud. (2017). Work Motivation on Performance of Nurses in Hospital of Islam Faisal Makassar. International Journal of Science : Basic and Applied Research, 34 (2): 303–310.

Shabbir, Asma., Shahab Alam Malik & Shujah Alam Malik (2016). Measuring Patients’ Healthcare Service Quality Perceptions, Satisfaction, and Loyalty in Public and Private Sector Hospitals In Pakistan. International Journal of Quality & Reliability Management, 33(5): 538–557

Sutarto, Agus., Hermanu Joebagio & Pawito. (2016). Relationship Between Motivation, Competence, Workload, and Nurse Performance, at Dr . Soediran Mangun Sumarso Hospital, Wonogiri, Indonesia. Journal of Health Policy and Management, 1(2): 78–94

WHO. (2013). The World Health Report 2013: Research for Universal Health Coverage. World Health Organization Press, 146.

Yunus, Eddy. (2016). Manajemen Strategis. Yogyakarta : Penerbit Andi

Zameer, Hashim., Shehzad Ali, Waqar Nisar Muhammad Amir. (2014). The Impact of The Motivation on The Employee’s Performance in Beverage Industry of Pakistan. International Journal of Academic Research in Accounting, Finance and Management Sciences, 4 (1): 293–298

Zenah, Syarifah Nur. (2014). Hubungan Pemberian Insentif dengan Motivasi Kerja Perawat Ruang Rawat Inap Kelas III RSUD Inche Abdul Moeis Samarinda. eJournal Administrasi Negara, 3(2): 451–463

Downloads

Published

2020-12-03

How to Cite

Arranury, Z., Dian Rezki Wijaya, & Ranti Ekasari. (2020). Kualitas Pelayanan Kesehatan Pasien Peserta JKN-KIS Bagian Rawat Jalan RSUD Syekh Yusuf Kabupaten Gowa. Kampurui Jurnal Kesehatan Masyarakat, 2(2), 20-29. https://doi.org/10.55340/kjkm.v2i2.222