Hubungan Brand Image dengan Keputusan Pasien Memilih Pelayanan Kesehatan Unit Rawat Inap Rumah Sakit Anugrah Pangkajene

Authors

  • Nurliyah Lia Universitas Hasanuddin
  • Suci Rahmadani
  • St Rosmanely

DOI:

https://doi.org/10.55340/kjkm.v4i2.832

Keywords:

Citra merek, Keputusan, Rawat inap

Abstract

Citra rumah sakit akan berdampak pada sikap dan perilaku pasien terhadap rumah sakit, hubungan citra merek (brand image) rumah sakit dan pengaruhnya terhadap intensi pasien sangat diperlukan. Rumah sakit Anugrah terbilang baru, awalnya hanya klinik Dokter Spesialis pada tahun 2000 kemudian tahun 2005 menjadi rumah sakit khusus dan  tahun 2015  menjadi rumah sakit Umum Swasta. Tujuan penelitian yaitu mengetahui hubungan brand image dengan keputusan pasien memilih pelayanan kesehatan pada unit rawat inap Rumah Sakit Anugrah Pangkajene Kabupaten Sidenreng Rappang Tahun 2022. Metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian yaitu pasien rawat inap Rumah Sakit Anugrah yang berjumlah 57 orang dengan pengambilan sampel simple random sampling. Analisis data univariat dan bivariat menggunakan uji Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan variabel brand image berpengaruh terhadap keputusan pasien memilih rawat inap adalah lingkungan fisik (physical environment) (p value=0,002), pegawai rumah sakit (contact personel) (p value=0,005), dan pelayanan yang diberikan  (service offering) (p value=0,005). Sedangkan variable brand image yang tidak berpengaruh terhadap keputusan pasien adalah identitas rumah sakit (corporate identity) (p-value=0,426). Kesimpulan tidak ada hubungan antara identitas rumah sakit dan ada hubungan antara lingkungan fisik, pegawai rumah sakit, pelayanan yang diberikan dengan keputusan pasien memilih pelayanan kesehatan unit rawat inap Rumah Sakit Anugrah Pangkajene.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ashar, A. (2016). Analisis Hubungan Brand Image (Citra Merek) Dengan Pemanfaatan Layanan Rawat Inap Rumah Sakit Umum Swasta Di Kota Makassar Tahun 2016. Skripsi, 187.

Biyanda Eninurkhayatun, Antono Suryoputro, E. Y. F. (2017). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Rawat Jalan Di Puskesmas Duren Dan Puskesmas Bergas Kabupaten Semarang Tahun 2017. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 5(4), 33–42.

Boga Hardhana, Farida Sibuea, W. W. (2021). Profil Kesehatan Indonesia 2020. In Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Jalan.

Diana Rachmania, D. W. (2019). Analisis Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Brand Image Rumah Sakit. Sereal Untuk, 8(1), 51.

Dwiyanti, E., Qomariah, N., & Tyas, W. M. (2018). Pengaruh Persepsi Kualitas, Nama Merek Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 8(2), 148–163.

Indriani Aprianti. (2019). Hubungan Antara Brand Image Dengan Tingkat Kunjungan Balik Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit Bhayangkara Makassar Tahun 2019. In Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN ALAUDDIN Makassar (Issue 2).

Karmita, Arman, M. K. A. (2021). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pasien Rawat Inap Untuk Memanfaatkan Pelayanan Kesehatan Di RS DR . Tadjuddin Chalid Makassar Tahun 2021. Journal of Muslim Community Health (JMCH) ISSN, 2(2), 42.

Maghfiroh, L. (2017). Pengaruh Brand Image, Customer Perceived Value, Dan Customer Experience Terhadap Kepuasan Pasien. Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Forikes, VIII(4), 225–231.

Manengkei, D. (2017). Tingkat Pengetahuan Pengunjung mengenai Logo Baru Rumah Sakit Mitra Keluarga Waru. JURNAL E-KOMUNIKASI, 5(2), 1–10.

Maqrifah. (2018). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pasien Menggunakan Layanan Kesehatan Pada Instalasi Rawat Jalan Dan Rawat Inap Rsia Sitti Khadijah 1 Muhammadiyah Makassar Tahun 2017. In Skripsi, Universitas Islam Negeri Alaluddin Makasar.

Nikhayaturrohmah, Y. (2021). Analisis Pengaruh Service Quality dan Brand Image Terhadap Patient Loyalty dengan Patient Satisfaction Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Pasien Poli Rawat Jalan di RSU PKU Muhammadiyah Kutowinangun) Yulia. Doctoral Dissertation, Universitas Putra Bangsa, 1–8.

Prabaningtyas, K. E., & Djastuti, I. (2019). Analisis Pengaruh Lingkungan Fisik dan Lingkungan Non Fisik Terhadap Kinerja Karyawan dengan Motivasi Sebagai Variabel Mediasi (Studi pada Karyawan bagian Penunjang RSUD dr.Ashari Pemalang). Diponegoro Journal of Management, 8(4), 1–12. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/djom

Ratna Dewi Untari, Waluyo Budi Atmoko, N. A. B. (2021). Pengaruh Citra Rumah Sakit, Nilai Persepsian dan Kelekatan Merek Secara Emosional Pada Perilaku Memilih Rumah Sakit. … Seminar Nasional Fakultas …, 268–277.

Rusmin, M., Bujawati, E., Nildawati, & Ashar, A. (2017). Analisis Hubungan Antara Brand Image (Citra Merek) Dengan Pemanfaatan Layanan Rawat Inap Rumah Sakit Umum Swasta di Kota Makassar. Al-Sihah Public Health Science Journal, 9(2), 174–186.

Statistik, B. P. (2021). Jumlah Rumah Sakit Umum, Rumah Sakit Khusus, Puskesmas, Klinik Pratama, dan Posyandu Menurut Kecamatan di Kota Semarang.

Downloads

Published

2023-01-12

How to Cite

Lia, N., Suci Rahmadani, & St Rosmanely. (2023). Hubungan Brand Image dengan Keputusan Pasien Memilih Pelayanan Kesehatan Unit Rawat Inap Rumah Sakit Anugrah Pangkajene . Kampurui Jurnal Kesehatan Masyarakat, 4(2), 96 - 104. https://doi.org/10.55340/kjkm.v4i2.832