Analisis Tingkat Pelayanan Angkutan Umum Rute Wamengkoli-Mawasangka Induk

Authors

  • Rachmat Hidayat Dairi Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Muhammad Zul Kifly Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/jmi.v14i1.1882

Keywords:

Angkutan Umum, Tingkat Pelayanan, Kepuasan Penumpang, ISPAU.

Abstract

Transportasi angkutan umum merupakan moda transportasi yang paling sering di gunakan, baik itu sebagai sarana pengangkut penumpang maupun barang. Dengan semakin pesatnya pertumbuhan dalam suatu daerah dan semakin banyaknya penambahan jumlah penduduk dalam suatu daerah maka sarana angkutan umum merupakan sarana transportasi yang paling perlu untuk dikembangkan dan ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan agar mengetahui tingkat pelayanan angkutan umum berdasarkan standar pelayanan angkutan umum serta penilaian atau kepuasan penumpang dan sopir terhadap pelayanan angkutan umum pada rute Wamengkoli-Mawasangka Induk. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Wawancara (Kuesioner) dan Metode Observasi (Penelitian Lapangan). Hasil dari penelitian tingkat pelayanan angkutan umum berdasarkan standar pelayanan angkutan umum yaitu dilihat dari faktor Frekuensi, Faktor Muat, Waktu Menunggu dan Kecepatan Perjalanan didapat hasil rata-rata kinerja pelayanan yaitu Sedang. Sedangkan berdasarkan kepuasan penumpang berdasarkan faktor keamanan, keselamatan, kenyamanan, tarif/harga dan keteraturan didapat rata-rata penilaian yaitu Sangat Baik dan penilaian sopir berdasarkan faktor tarif/harga, jadwal keberangkatan dan prioritas utama anak sekolah didapat hasil rata-rata yaitu Sangat Setuju.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buamona, M. S., Timboeleng, J., & Karongkong, H. H. (2017). Analisis Pelayanan Transportasi Angkutan Kota di Kota Ternate. Jurnal Spasial, 4(3), 82-95.

Fadly, I., Rafli & Indriyanti. (2021). Analisis Pelayanan Angkutan Pedesaan (Studi Kasus Desa Letta, Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang. Jurnal Karajata Engineering, 1(1), 39-48.

Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 35 Tahun 2003 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang di Jalan Dengan Kendaraan Umum.

Kota Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan. Jurnal Kacapuri: Jurnal Keilmuan Teknik Sipil, 6(2), 324-338.

Marlok, K. E. (1995). Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi, Edisi Ke-4. Jakarta: Erlangga.

Mulyadi & Adawiyah, R. (2018). Analisis Kinerja Pelayanan Angkutan Umum Kota Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan. Jurnal Kacapuri: Jurnal Keilmuan Teknik Sipil, 6(2), 324-338.

Oktaviastuti, B., Primasworo, R. A., Rahma, P. D., Sa'dillah, M., & Mini, H. N. (2022). Pengukuran Kualitas Pelayanan Angkutan Kota Melalui Kinerja Terhadap Kepuasan Masyarakat di Kota Malang. Prosiding SENTIKUIN (Seminar Nasional Teknologi Industri, Lingkungan dan Infrastruktur), 1(5), B1.1-B1.8.

Peraturan Pemerintah Nomor 41 Pasal 1 Ayat 7 Tahun 1993 tentang Angkutan Jalan.

Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Pasal 173 Ayat 1 tentang Perizinan Angkutan Umum.

Downloads

Published

2025-05-26