Instrumentasi Alat DCP Untuk Menilai Kekuatan Tanah Terhadap Subbase Jalan Poros Kabupaten Buton Utara – Kabupaten Buton
DOI:
https://doi.org/10.55340/jmi.v14i1.1893Keywords:
CBR, DDT, Alat DCP, Perkerasan jalan (SubBase)Abstract
Uji Penetrasi Kerucut Dinamis (DCP) digunakan untuk memperkirakan nilai CBR lapangnan pada sub base jalan. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menentukan nilai kepadatan tanah serta korelasi antara CBR-DDT . Pengujian alat DCP dilakukan setiap interval 100 m sepanjang 1000 m. Nilai Daya dukung tanah (Sub base) Pada Perkerasan Jalan Poros Kabupaten Buton Utara – Kabupaten Buton , CBR rata -rata adalah 26,87 % dan nilai CBR-DDT adalah 7,45. nilai daya dukung yang disyaratkan perkerasan sub base minimal 60%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kapasitas daya dukung perkerasan tanah pada STA 62+000 – STA 63+000 adalah 26,87 % cukup rendah.
Downloads
References
Annual Book of Standards, (1999). ASTM D6951-03. Standard Test method Utilization Dynamic Cone Penetrometer.
Anonim. (2010). Pemberlakuan Pedoman Cara Uji CBR dengan DCP. Kementrian Pekerjaan Umum.
Bowles, J. E dan Johan K Hainim. (1991). Sifat-Sifat Fisis dan Geoteknis Tanah. Jakarta: Erlangga.
C A. Sukirman. (1992), Sistem Klasifikasi Tanah USCS (Unified Soil Clasification System).
Pekerjaan Umum No.04/SE/M/2010.Umum K. P. (2010). Pemberlakuan Pedoman Cara Uji CBR (California Bearing Ratio) dengan DCP (Dynamic Cone Penetrometer). Jakarta : Surat Edaran Menteri.
Sukirman Silvia. (1999). Perkerasan Lentur Jalan Raya. Bandung: Nova
SD Mohammadi, et al (2008), Application of the Dynamic Cone Penetrometer (DCP) for determination of the engineering parameters of sandy soils, Engineering Geology 101 (2008) 195–203.