Analisa Mikrostruktur Beton Dengan Air Laut Sebagai Air Pencampur Dan Air Perendaman

Authors

  • Hartini Hartini Universitas Dayanu Iksanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/jmi.v6i1.589

Keywords:

Air laut, Garam Friedel, Klorida, XRD, SEM

Abstract

Kemajuan teknologi dibidang teknik sipil melahirkan berbagai penemuan-penemuan yang bertujuan untuk menciptakan sebuah struktur yang kuat, awet dan hemat dari segi biaya. Sehubungan dengan hal tersebut, maka dilakukan penelitian dengan menggunakan air laut sebagai air pencampur dan air perendaman. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengikatan klorida dan sulfat dari air laut pada Self Compacting Concrete (SCC).
Pada penelitian ini menggunakan benda uji berbentuk silinder ukuran diameter 150 mm dan tinggi 300 mm. Pengujian mikrostruktur yang dilakukan berupa x-ray diffraction (XRD) dan scanning electron mikroscope (SEM) untuk mengetahui kandungan unsur dan senyawa yang terdapat pada beton air laut.
Dari hasil penelitian menunjukkan pada beton air laut terbentuk tobermorite dan portlandite. Disamping itu, terbentuk pula garam friedel dan ettringite yang merupakan hasil reaksi hidrasi semen dengan klorida dan sulfat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dehn, F., Holschemacher, K. and Weiβe, D., 2000, Self-Compacting Concrete (SCC) Time Development of the Material Properties and the Bond Behaviour, LACER No.5., Leipzig.

EFNARC (2005), The European Guidelines for Self Compacting Concrete, Efnarc, UK (www.efnarc.org).

Marinescu, M.V.A. and Brouwers, H.J.H., 2010, Free and bound chloride contents in cementitious materials, 8th fib PhD Symposium in Kgs. Lyngby, Denmark June 20 – 23, 2010

Mien, T.V., Nawa, T., Kurumisawa, K., and Chanh, V. N., 2008, Contributions of C-S-H and AFm hydrates To chloride binding isotherms of various cements, The 3rdACF International Conference- ACF/VCA,2008.

Okamura, H. and Ouchi, M, 2003, Self Compacting Concrete, Journal of Advanced Concrete Technology, Vol.1, No.5 – 15.

Tjaronge, M. W., Irmawaty, R., Chandra, E., and Limpo, A., 2006, Slump Flow dan Kuat Lentur Self Compacting Concrete (SCC) dengan Kandungan Superplasticizer yang Bervariasi, Media Teknik Sipil, Januari 2006.

Downloads

Published

2017-05-24