Studi Kecepatan Kendaraan Menggunakan Alat Aplikasi Smartphone (Speed Gun) Pada Ruas Jalan Perkotaan Di Kota Baubau

Authors

  • Ahmad Gasruddin Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • La Ode Nuryono Universitas Dayanu Iksanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/jmi.v6i2.599

Keywords:

Kecepatan Kendaraan, Geometrik Jalan, Jalan Perkotaan

Abstract

Kecepatan lalulintas adalah salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kecelakaan dan keselamatan driver. jalan perkotaan kondisi geometrik yang berbeda dapat mempengaruhi perilaku lalu lintas yang berbeda. Faktor lain dapat mempengaruhi secara signifikan terhadap kecepatan lalu lintas jenis kendaraan dan tingkat arus lalu lintas. Skripsi ini mengungkapkan hasil penelitian dari kecepatan kendaraan di tiga jalan jenis geometris yang berbeda di daerah perkotaan. jenis kendaraan yang berbeda juga telah diklasifikasikan untuk mengidentifikasi efek dari jenis kendaraan yang berbeda pada kecepatan kendaraan. Penelitian ini telah dilakukan di kota Baubau menggunakan alat aplikasi smartphone. Tiga kondisi volume lalu lintas telah di survey. Hal ini rendah, sedang dan arus lalu lintas yang tinggi. Dari hasil penelitian, terlihat bahwa peningkatan jumlah jalur jalan cenderung meningkatkan rata-rata kecepatan kendaraan. Lebar jalan yang lebih luas, sepeda motor cenderung untuk bepergian menggunakan kecepatan tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Departemen perhubungan, (2009), Undang – Undang No. 22 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Departemen Pekerjaan Umum , (2004), Undang – Undang No. 38 Tentang Jalan.

Departemen Perhubungan (1993) Peraturan Pemerintah No. 34 Tentang Jalan

Ditjen Hubdat, Dephub, (1999), Menuju Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang Tertib dan Teratur .

Holas, J. Michael,( 2004). Modern Spectoscopy. England: Wiley http://www.gomuda.com/2013/01/fungsi-dan-bagaimana-radar-bekerja.html howstuffworks.com.

Khisti dan Lall, (2003), Dasar – Dasar Rekayasa Transportasi Jilid 1.

Khisti dan Lall, (2003), Dasar – Dasar Rekayasa Transportasi Jilid 2.

Marlock, E, (1995), Perencanaan dan Teknik Transportasi.

Masri Singarimbun, (1987) Ukuran sampel penelitian

Supranto,J, (2000), Statistik : Teori dan Aplikasi.

Sukirman, S. 2003. Beton Aspal Campuran Panas, Edisi Pertama, Penerbit Granit, Jakarta

Santy Eka Putri, (2011), Analisis Faktor Penentuan Batas Kecepatan Kendaraan Di Jalan Arteri Pada Ruas Jalan Perkotaan.

T.Nyak Arief, (2014), Analisis Perbandingan Kecepatan Kendaraan Aktual Terhadap Kajian MKJI Pada Ruas Jalan Berlajur Banyak Dalam Kota.

Downloads

Published

2017-10-24