Manajemen Dan Rekayasa Lalu Lintas Pada Ruas Jalan Anoa Kota Baubau
DOI:
https://doi.org/10.55340/jmi.v10i2.672Keywords:
metode underwood, kapasitas, tingkat pelayanan jalan, hambatan sampingAbstract
Tujuan penelitian adalah Untuk menganalisis pengelolaan manajemen lalu lintas yang terjadi pada jalan anoa dan Untuk menganalisis kapasitas yang terjadi pada dengan metode deskriptif. Penelitian survei meliputi volume lalu lintas, kecepatan, kepadatan dengan menggunakan metode underwood. Penelitian survei dilakukan selama 4 hari dan dari hasil penelitian dapat ditentukan bahwa hasil kapasitas masih renggang dimana kendaraan dapat berjalan dengan lancar dengan diketahui nilai LOS nya dalam kondisi C yakni arus stabil, kecepatan serta kebebasan bermanuver rendah dan mengubah lajur dibatasi oleh kendaraan lain tetapi masih berada pada tingkat kecepatan yang memuaskan, biasa dipakai untuk desain jalan perkotaan dan untuk hambatan samping khususnya pada jalan anoa pos 3 kelurahan waliabuku merupakan kondisi yang rendah.
Downloads
References
Direktorat Jenderal Bina Marga. (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Jakarta : Departemen Pekerjaan Umum
Nazir, Moh. 2005. Metode Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia.
Risdiyanto. 2014. Rekayasa dan Manajemen Lalu Lintas Teori dan Aplikasi Yogyakarta : LeutikaPrio.
Syafruddin Rauf. (2003). Analisis Arus Lalu Lintas Pada Ruas Jalan Arteri Primer Ir.Sutami Makassar. Skripsi, tidak diterbitkan. Makassar : Fakultas Teknik Sipil Universitas Hasanuddin Makassar.
Tamin, O. Z. (1997). Perencanaan dan Pemodelan Transportasi, Edisi I. Bandung : ITB
Tamin, Ofyar, Z. 2000. Perencanaan dan Permodelan Transportasi, Edisi Kedua. Bandung : Penerbit ITB
Warpani, Suwardjoko P. Pengelolaan Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan. Bandung : Penerbit ITB.