Persepsi Penggunaan Kapal Cepat Terhadap Kualitas Pelayanan Rute Baubau-Kendari

Authors

  • Nurhayati Nurhayati Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/jmi.v11i1.788

Keywords:

Kapal Cepat, Persepsi, Kualitas, Pelayanan

Abstract

Penelitian ini bertujan untuk mengetahui persepsi pengguna kapal cepat tentang kualits pelayanan dan bagaimana kesesuian antara harapan atau citra tentang kualitas pelaylanan dengan kenyataan yang dialami oleh pengguna. Metode yang digunakan dengan membagikan kuesioner kepada dan wawancara kepada responden yang berada dilokasi (sampling insidental) selanjutnya data diolah menggunakan  SPSS dengan Analisis non-parametrik Wilcoxon Signed-Rank Test. Hasil penelitian menunjukkan persepsi pengguna kapala cepat terhadap kualitas pelayanan menunjukkan hasil 53,8% pelanggan merasa puas atas kualitas layanan yang diberikan dan 9,4 % merasa sangat puas. Analisis mengenai perbedaan kualitas pelayanan yang diharapkan (citra) dengan kualitas pelayanan yang diterima menunjukkan adanya perbedaan dibeberapa aspek tinjauan. Tetapi sebagian besar menyatakan bahwa antara persepsi atau harapan pengguna sesuai dengan kualitas pelayanan yang dirasakan. Jadi, hasil analisis ini menunjukkan bahwa terdapat kesesuaian  antara kualitas pelayanan yang diharapkan dengan kualitas pelayanan yang terjadi pada kenyataannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abelson, R. P., Aronson, E. E., McGuire, W. J., Newcomb, T. M., Rosenberg, M. J., & Tannenbaum, P. H. (1968). Theories of cognitive consistency: A sourcebook.

Amat-Lefort, N., Marimon, F., & Mas-Machuca, M. (2020). Towards a new model to understand quality in collaborative consumption services. Journal of Cleaner Production, 266, 121855. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2020.121855

Kanafani, A. (1983). Transportation demand analysis.

Kasali, R. (2008). Manajemen Public Relations: konsep dan aplikasinya di Indonesia. pustaka utama grafiti (1st ed.). Pustaka Utama Garfiti.

Kelley, S. W., & Turley, L. W. (2001). Consumer perceptions of service quality attributes at sporting events. Journal of Business Research, 54(2), 161–166. https://doi.org/10.1016/S0148-2963(99)00084-3

Lee, J. H., Kim, H. D., Ko, Y. J., & Sagas, M. (2011). The influence of service quality on satisfaction and intention: A gender segmentation strategy. Sport Management Review, 14(1), 54–63. https://doi.org/10.1016/j.smr.2010.02.002

Manheim, M. L. (1979). Fundamentals of transportation system analysis Volume 1: Basic concepts. Mit Press.

Morlok, E. K. (1978). Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi, 1995. Jakarta: Erlangga.

Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. (1988). SERVQUAL: A multiple-item scale for measuring consumer perceptions of service quality. 1988, 64(1), 12–40.

Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1985). A conceptual model of service quality and its implications for future research. Journal of Marketing, 49(4), 41–50.

Perhubungan, D. (2006). Pembangunan transportasi laut. Departemen Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut.

Vuchic, V. R., Clarke, R., & Molinero, A. (1981). Timed transfer system planning, design and operation.

Zeithaml, V. A., Parasuraman, A., Berry, L. L., & Berry, L. L. (1990). Delivering quality service: Balancing customer perceptions and expectations. Simon and Schuster

Downloads

Published

2022-05-23