Kinerja Marshall Campuran Split Mastic Asphalt (SMA) Lawele Granular Asphalt (LGA) dengan Pemanfaatan Tongkol Jagung sebagai Bahan Tambah

Authors

  • Ahmad Gasruddin Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • L.M. Rauchil Ichwan Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/jmi.v11i2.996

Keywords:

Lawele Granular Asphalt, Split Mastic Asphalt, Marshall Test, Selulosa Tongkol Jagung

Abstract

Penelitian ini bertujuan guna mengetahui seberapa besar pengaruh dari pemanfaatan Asbuton LGA dengan bahan tambah alami tongkol jagung pada campuran Split Mastic Asphalt (SMA) terhadap kinerja Marshall. Komposisi agregat menggunakan cara Trial and Error. Penggunaan selulosa tongkol jagung dengan 5 variasi 0.1%, 0.2%, 0.3%, 0.4% dan 0.5% dari total berat campuran pada pemadatan 2×50 tumbukan, diperoleh hasil pengujian berupa nilai stabilitas dari kelima variasi kadar selulosa dimana  memenuhi spesifikasi, yang mana nilai tertinggi pada kadar 0.3% yaitu 2330 kg dan nilai terendah pada kadar 0.5% yaitu 1805 kg. Untuk nilai flow dari lima variasi kadar selulosa juga memenuhi spesifikasi, yaitu nilai tertinggi pada kadar 0.1% yaitu 3.12 mm dan nilai terendahnya terdapat pada kadar selulosa 0.5% yaitu 2.20 mm. Demikian halnya nilai MQ yang didasarkan dari nilai stabilitas serta nilai flow, dan nilai VFA memenuhi spesifikasi untuk setiap kadar selulosa, sementara nilai VIM tidak dapat memenuhi spesifikasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azhari Lubis, Iqbal. (2019). Pengaruh Penambahan Serabut Kelapa Sebagai Bahan Pengganti Serat Selulosa Pada Campuran Split Mastic Asphalt (SMA). Tugas Akhir Program Studi Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah, Sumatera Utara, Medan.

Dyah Rachmawati, Nur. (2001). Pengaruh Penggunaan Serat Serabut Kelapa Sebagai Bahan Pengganti Serat Selulosa Pada Campuran SMA (Split Mastic Asphalt), Tugas Akhir Strata 1, FTSP UII, Yogyakarta.

Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. (2016). Buku Induk Statistik, Pusat Data dan Teknologi Informasi.

Maulana bramasta, Agusty. (2020). Kinerja Marshall Pada Campuran Split Mastic Asphalt (SMA) Menggunakan Serat Alami Tongkol Jagung. Program Studi S1 Teknik Sipil, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Jember.

Sukirman, Silvia. (1999). Perkerasan Lentur Jalan Raya. Nova Bandung.

Downloads

Published

2022-10-26