PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM UNTUK MENINGKATKAN HASBELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 2 BONEBONE KOTA BAUBAU
Keywords:
Model Pembelajaran PAIKEM, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui Model Pembelajaran PAIKEM pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Bone-Bone, Kec. Batupoaro, Kota Baubau semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020, Subjek dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas V SD Negeri 2 Bone-Bone yang berjumlah 28 orang, yang terdiri dari 11 orang laki-laki dan 17 orang perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model Pembelajaran PAIKEM dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar siswa 72,93% pada siklus I meningkat menjadi 80,36 pada siklus II. Selain itu, ketuntasan belajar secara klasikal juga mengalami peningkatan dengan nilai 71,43% pada siklus I meningkat menjadi 89,29% pada siklus II. Sehingga diperoleh Kesimpulan, Penerapan Model Pembelajaran PAIKEM dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata Pelajaran IPS
Downloads
References
Abdillah, Husni. 2002. Pengertian Belajar dari Berbagai Sumber Belajar dan. Pembelajaran.Bandung: ALFABETA.
Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Revisi Cetakan Ke-5. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2005. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. Depdiknas.2005. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: CV. Eka Jaya.
Dimyati dan Mudjiono. 2010.Belajar dan Pembelajaran.Jakarta: RinekaCipta.
Djamarah, dkk. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamzah B. Uno. 2006. Perencanaan Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara
Kasim, Melany. 2008. Model Pembelajaran IPS, (Online), Http: // Wodrpres. Com. (diakses 20 April 2017).
Nana Sudjana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rusyanto, Hamid.2001. Cara Belajar Menyenangkan. Jakarta: Depdikbud.
Slameto. 2011. Model PAIKEM. Semarang: UNNES.
Sunaryo. 1989. Strategi Belajar Mengajar dalam Pengajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta: Debdikbud Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Objek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan
Syah, Muhibin.1999. Psikologi Belajar. Bandung: PT Logis wacana ilmu
Syah, Muhibin dan Kariadinata, Rahayu.2009. Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan (PAIKEM).Bandung: UIN Sunan Gunung Jati