PENGARUH LAYANAN PURNA JUAL TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA MOTOR HONDA MATIC DAN DAMPAKNYA TERHADAP CITRA MEREK HONDA DI KOTA BAUBAU

Authors

  • Iip Irawan Hisanuddin Universitas Dayanu Ikhsanuddin

Keywords:

layanan purna jual, kepuasan, citra merek

Abstract

Penelian ini bertujuan untuk menguji pengaruh layanan purna jual terhadap kepuasan pengguna sepeda motor Honda matic dan dampaknya terhadap citra merek Honda di kota Baubau. Populasi dalam penelian ini adalah pengguna sepeda motor matic merek Honda di kota Baubau dan dari populasi tersebut diambil 100 orang sebagai sampel dalam penelitian yang diperoleh dengan menggunakan teknik pengambilan sampel acak sederhana. Data penelitian dijaring melalui instrument penelitian berupa kuisioner dengan pengukuran skala linkert 5 tingkat kemudian diolah dan dianalisis menggunakan teknik analisis jalur dengan software IBM Amos21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Terdapat pengaruh signifikan layanan purna jual terhadap kepuasan. 2. Terdapat pengaruh signifikan layanan purna jual terhadap Citra Merek. 3. Terdapat pengaruh signifikan kepuasan terhadap citra merek.  4. Terdapat pengaruh tidak langsung yang signifikan layanan purna jual terhadap citra merek melalui kepuasan sebagai variabel intervening yang dibuktikan  uji sobel dengan menggunakan kalkulator sobel danialsoper secara online

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chandrasekaran et al (2010) The competitive implications of consumer Evaluation of brand image, product attributes, and Perceived quality in competitive two-wheeler Markets of india. Serbian Journal of Management 5 (1) (2010) 21 – 38J.

Kotler, Philip, 2000, Marketing Management. Edisi Milenium, Prentice Hall Intl, Inc New Jersey

Kotler, P and Keller, 2009, “ Manajemen Pemasaran” edisi 12 jilid 1 dan 2 Penerbit PT. Erlangga Jakarta

Lupiyoadi, Rambat., Hamdani, A. (2008). Manajemen Pemasaran Jasa (Edisi 2). Cetakan Keempat. Jakarta: Salemba Empat

Saeed, R. (2013). Impact of After Sales Service on Cutomer Buying Baehaviour in Sahiwal Pakistan. Managament and Administrative Science Review, Vol 2 No 5: 555-562

Tjiptono, Fandy. 2007. Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Cetakan Keenam. Yogyakarta: Andi.

Xian Guo Li et al (2011) Corporate-, Product-, and User-Image Dimensions and Purchase Intentions The Mediating Role of Cognitive and Affective Attitudes. Journal of computers, vol. 6, no. 9, september 2011 Department of Marketing School of Business, Renmin University of China, Beijing, China

Downloads

Published

2021-11-15