PENERAPAN METODE SQ3R DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI SISWA KELAS X.4 DI SMA NEGERI 1 KAPONTORI KABUPATEN BUTON

Authors

  • Radisia Radisia Universitas Dayanu Ikhsanuddin

Keywords:

SQ3R, Hasil Belajar

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan metode SQ3R dalam pembelajaran kooperatif mata pelajaran sosiologi pada siswa kelas X.4 SMA Negeri 1 Kapontori Kabupaten Buton? (2) Apakah dengan penerapan metode SQ3R dalam pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar sosiologi pada siswa kelas X.4 SMA Negeri 1 Kapontori Kabupaten Buton? Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui penerapan metode SQ3R dapat meningkatkan aktivitas belajar sosiologi siswa kelas X.4 SMA Negeri 1 Kapontori Kabupaten Buton. (2) Mengetahui apakah penerapan metode SQ3R dapat meningkatkan hasil belajar sosiologi siswa kelas X.4 SMA Negeri 1 Kapontori Kabupaten Buton.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri atas dua siklus. Siklus pertama terdiri atas dua tatap muka dan siklus kedua terdiri atas satu tatap muka. Setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, melaksanakan tindakan, pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1 Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) Penggunaan model pembelajaran SQ3R dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa Kelas X.4 SMA Negeri 1 Kapontori Kabupaten Buton. Pada siklus I aktivitas belajar siswa hanya mencapai 58% dan mengalami peningkatan pada akhir siklus II menjadi 85%. (2)Penggunaan model pembelajaran SQ3R dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas X.4 SMA Negeri 1 Kapontori Kabupaten Buton. Pada akhir siklus I ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 67% dan mengalami peningkatan pada akhir siklus II menjadi 90% dari seluruh siswa memperoleh nilai 75.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Munib, Achmad. 2004. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: UPT MKK UNNES.

Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen, Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.

Uno, Hamzah B. 2006. Perencanaan Pembelajaran. PT Bumi Aksara. Jakarta

Solihatin, Etin dan Raharjo. 2007. Cooperative Learning, Analisis Model Pembelajaran IPS. PT Bumi Aksara. Jakarta.

Thabrany, H. 1995. Rahasia Sukses Belajar. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Huda,Miftahul. 2013. Pembelajaran Kontekstual, semarang. Rasail Media Group

Milles dan Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif, Jakarta: Universitas Indonesia Press

Downloads

Published

2021-11-15