STUDENTS’ PERCEPTION OF ONLINE LEARNING IN UNIVERSITY OF DAYANU IKHSANUDDIN BAUBAU

Penulis

  • Nining Syafitri Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Nur Melansari Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/e2j.v7i1.434

Kata Kunci:

Kelas Bahasa Inggris, Pembelajaran Online, Persepsi Siswa

Abstrak

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) apa pengaruh desain pembelajaran dan penyampaian kursus bahasa Inggris terhadap kepuasan siswa?; 2) apa pengaruh peran dosen terhadap kepuasan mahasiswa, termasuk umpan balik dan penilaian?; 3) tugas dan tanggung jawab siswa apa yang penting untuk pengalaman kelas online yang menyenangkan?; dan 4) seberapa efektifkah sistem manajemen dan pendukung dalam memberikan layanan saat dibutuhkan? Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Hasil penelitian adalah: 1) pengaruh desain pembelajaran dan penyampaian materi pelajaran bahasa Inggris terhadap kepuasan siswa adalah selama kelas online bahasa Inggris, siswa diberi kesempatan untuk menggunakan materi dari berbagai sumber dan berinteraksi satu sama lain secara virtual; 2) dampak peran dosen terhadap kepuasan mahasiswa, termasuk umpan balik dan penilaian menjadi penting, terutama dengan menyediakan berbagai isi dan sumber materi, membantu mahasiswa dalam mengatasi masalah belajar, umpan balik dan penilaian; 3) tugas dan tanggung jawab siswa penting, termasuk motivasi dan interaksi dalam mengikuti kelas online bahasa Inggris; dan 4) sistem manajemen dan pendukung umumnya efektif dalam memberikan layanan ketika dibutuhkan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

G. Suharwoto, “Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19, Tantangan yang Mendewasakan,” Times Indonesia, 2020. .

M. S. A. Mansor and A. Ismail, “Learning Styles and Perception of Engineering Students Towards Online Learning,” Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 69, no. Iceepsy, pp. 669–674, 2012, doi: 10.1016/j.sbspro.2012.11.459.

R. Rusli, A. Rahman, and H. Abdullah, “Student perception data on online learning using heutagogy approach in the Faculty of Mathematics and Natural Sciences of Universitas Negeri Makassar, Indonesia,” Data Br., vol. 29, p. 105152, 2020, doi: 10.1016/j.dib.2020.105152.

C. H. Lin, Y. Zhang, and B. Zheng, “The roles of learning strategies and motivation in online language learning: A structural equation modeling analysis,” Comput. Educ., vol. 113, pp. 75–85, 2017, doi: 10.1016/j.compedu.2017.05.014.

L. Fedynich, K. S. Bradley, and J. Bradley, “Graduate students’ perceptions of online learning,” Res. High. Educ. J., vol. 27, no. 27, pp. 1–13, 2015.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2013.

M. Maqableh and M. Alia, “Evaluation online learning of undergraduate students under lockdown amidst COVID-19 Pandemic: The online learning experience and students’ satisfaction,” Child. Youth Serv. Rev., vol. 128, no. July, p. 106160, 2021, doi: 10.1016/j.childyouth.2021.106160.

S. Spina and E. Bassetti, “APRIL: An online learning environment devoted to language learning,” Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 34, pp. 216–218, 2012, doi: 10.1016/j.sbspro.2012.02.043.

F. Martin, C. Wang, and A. Sadaf, “Student perception of helpfulness of facilitation strategies that enhance instructor presence , connectedness , engagement and learning in online courses,” Internet High. Educ., vol. 37, no. January, pp. 52–65, 2018, doi: 10.1016/j.iheduc.2018.01.003.

S. J. Lee, S. Srinivasan, T. Trail, D. Lewis, and S. Lopez, “Examining the relationship among student perception of support, course satisfaction, and learning outcomes in online learning,” Internet High. Educ., vol. 14, no. 3, pp. 158–163, 2011, doi: 10.1016/j.iheduc.2011.04.001.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-05-15

Cara Mengutip

Syafitri, N., & Melansari, N. (2021). STUDENTS’ PERCEPTION OF ONLINE LEARNING IN UNIVERSITY OF DAYANU IKHSANUDDIN BAUBAU. English Education Journal, 7(1), 47-55. https://doi.org/10.55340/e2j.v7i1.434

Terbitan

Bagian

Articles