FACTORS AFFECTING THE LACK OF STUDENTS OUTCOMES IN LEARNING ENGLISH AT SMP NEGERI 8 SAMPOLAWA

Authors

  • Anggun Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Wa Ode Hanafiah Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Esa Penilta Amiruddin Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/fkip.v10i2.1057

Keywords:

faktor yang mempengaruhi hasil belajar, pembelajaran bahasa Inggris

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah faktor apa yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa dalam belajar Bahasa Inggris di SMP Negeri 8 Sampolawa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor apa yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa dalam belajar Bahasa Inggris di SMP Negeri 8 Sampolawa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif subyek penelitian ini terdiri dari 22 siswa pada kelas VIII. Intrumen yang di gunakan pada penelitian ini adalah panduan wawancara. Analisis data yang di gunakan adalah reduksi data, penyajian data, penarkan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Inggris berada pada kategori rendah. Ada tiga faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa yang bersumber dari faktor luar yaitu: 1) faktor keluarga, termasuk pendidikan orang tua, hubungan antar angota keluarga, atmosfer dalam rumah dan status ekonomi. 2) faktor sekolah, termasuk strategi guru dalam mengajar, fasilitas dan infrastruktur, hubungan siswa dan guru, tingkat kesulitan materi belajar dan atmosfer dalam kelas. 3) lingkungan termasuk partisipai dalam kegiatan social, hungan dengan tetangga dan teman sekelas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

J. Rusmajadi, “Terampil Berbahasa Inggris,” Jakarta Indeks, 2010.

J. W. Albrecht, P. A. Gautier, and S. B. Vroman, “Matching with multiple applications,” Econ. Lett., vol. 78, no. 1, pp. 67–70, 2003.

A. Driscoll, “Managing post‐discharge care at home: an analysis of patients’ and their carers’ perceptions of information received during their stay in hospital,” J. Adv. Nurs., vol. 31, no. 5, pp. 1165–1173, 2000.

D. L. Barlow, Educational psychology: The teaching-learning process. Moody Press, 1985.

J. P. Chaplin, “Dictionary of Psychology. Fifth Printing.” New York: Dell Publishing Co. Inc, 1972.

D. Slameto, “Belajar dan Faktor-Fakor Yang Mempengaruhi Belajar,” Jakarta: Rineka Cipta, 1991.

O. Hamalik, “Prosedur belajar mengajar,” Jakarta Bumi Aksara, 2003.

H. A. Ahmadi and W. Supriyono, “Psikologi belajar,” 2004.

P. M. Lightbown and N. Spada, “Views about language learning,” How Lang. are Learn., pp. 3–4, 2013.

D. A. N. Douglas and S. Frazier, “Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy .: H. Douglas Brown.” Wiley Online Library, 2001.

M. D. Roblyer and J. E. Roblyer, “Integrating Educational Technology Into Teaching with Other.” Upper Saddle River, 2006.

A. Ahmadi, “Psikologi belajar.: rineka cipta.” Jakarta, 1991.

D. Sugiyono, “Metode penelitian kuantitatif dan R&D,” Bandung Alf., pp. 26–33, 2010.

N. S. Sukmadinata, “Metode Penelitian dan Pendidikan,” Bandung PT Remaja Rosdakarya, 2011.

D. Satori, “Profesi Kepegawaian,” Jakarta Univ. Terbuka, 2007.

H. D. Brown, Principles of language learning and teaching, vol. 4. Longman New York, 2000.

T. O. Ihromi, “Berbagai Kerangka Konseptual dalam Pengkajian Keluarga, Bunga Rampai Sosiologi Keluarga,” Yayasan Obor Indones. Jakarta, 2004.

W. J. Goode, L. Hasyim, and S. Simamora, Sosiologi keluarga. Pt. Bina Aksara, 1983.

S. Alex, “General Psychology.” Bandung: Faithful Library) Go to reference in article, 2011.

K. Ballard and A. Bates, “Making a connection between student achievement, teacher accountability, and quality classroom instruction,” Qual. Rep., vol. 13, no. 4, pp. 560–581, 2008.

J. C. Richards, J. C. R. Richards, and C. Lockhart, Reflective teaching in second language classrooms. Cambridge university press, 1994.

H. Wukir, “Manajemen sumber daya manusia dalam organisasi sekolah,” Yogyakarta Multi Press., 2013.

H. A. S. Moenir, “Manajemen Pelayanan Indonesia,” Jakarta Bumi Aksara, 1992.

R. Ellis, Task-based language learning and teaching. Oxford university press, 2003.

Downloads

Published

2022-05-31

Issue

Section

Articles