PENGARUH MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X DI SMA NEGERI 3 MAWASANGKA
DOI:
https://doi.org/10.55340/fkip.v10i2.1060Keywords:
minat belajar, prestasi belajar, mata pelajaran SejarahAbstract
Masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Apakah ada pengaruh minat belajar siswa terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran sejarah kelas X di SMA Negeri 3 Mawasangka. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana Pengaruh minat belajar siswa terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran sejarah kelas X di SMA Negeri 3 Mawasangka.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis studi korelasional. Waktu dan tempat penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil bulan Mei Tahun Akademik 2021/2022 di SMA Negeri 3 Mawasangka. Populasi dalam penelitian ini adalah 57 siswa yang terdiri dari satu rombongan kelas dan sampel dalam penelitian ini adalah teknik total sampling (jumlah secara keseluruhan) kelas berjumlah 57 yang terdiri dari dua kelas. Instrumen penelitian ini dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah: observasi dan angket.
Hasil penelitian dianalisis secara kuantitatif dengan rumus produck moment. Berdasarkan hasil yang diperoleh, nilai koofisien korelasi (r) sebesar 0,61. Uji validitas 0,31 dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh minat belajar siswa terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran sejarah kelas X di SMA Negeri 3 Mawasangka. Uji t (t-hitung) 11,47, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh minat belajar siswa terhadap prestasi belajar belajar pada mata pelajaran sejarah kelas X di SMA Negeri 3 Mawasangka. Nilai rata-rata/mean yaitu 58,26 dibulatkan 59 serta r tabel dengan memperlihatkan besarnya = 0,61 berarti ada korelasi antara variabel X dan variabel Y dan itu termaksud korelasi positi kategori tinggi.
Downloads
References
S. Muhibbin, “Psikologi Belajar. Ed, Revisi, 11.” Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2011.
A. Hafiz, “Prestasi Belajar Siswa Yang Bekerja Sebagai Tukang Semir Di Kota Bukittingi,” J. As-Salam, vol. 2, no. 3, pp. 12–24, 2018.
R. N. Friantini and R. Winata, “Analisis minat belajar pada pembelajaran matematika,” J. Pendidik. Mat. Indones., vol. 4, no. 1, pp. 6–11, 2019.
B. Slameto, “Faktor-faktor yang Mempengaruhinya,” Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Akademik FKIP Unidayan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.