AN ANALYSIS OF ENGLISH TEACHER’S STRATEGIES IN TEACHING READING AT SMAN 1 KAMBOWA
DOI:
https://doi.org/10.55340/fkip.v11i1.1284Keywords:
Strategi Guru,, Pengajaran MembacaAbstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa strategi guru dalam mengajar membaca dan bagaimana tanggapan siswa terhadap strategi yang digunakan guru dalam mengajar membaca di SMAN 1 Kambowa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru Bahasa Inggris dalam mengajar membaca dan untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap strategi yang digunakan guru dalam mengajar membaca di SMAN 1 KambowaPenelitian ini menggunakan desain deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah seorang guru bahasa Inggris di SMAN 1 Kambowa dan 25 responden siswa kelas XI SMAN 1 Kambowa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan angket. Teknik analisis data adalah tiga tahapan yang dirumuskan oleh Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa guru menggunakan dua macam strategi dalam pembelajaran membaca di SMAN 1 Kambowa, yaitu QARs (hubungan tanya jawab) dan permainan. Respon siswa terhadap strategi yang digunakan guru yaitu dari 25 siswa terdapat 20 siswa (80%) dalam kategori sangat setuju dan 5 siswa (20%) dalam kategori setuju.
Downloads
References
J. Harmer, The practice of English language teaching. Pearson longman, 2007.
R. B. Laddoo, “The importance of reading.” 2007.
D. Willis, “Reading for information: Motivating learners to read efficiently,” Br. Counc. English, 2008.
N. Sarjan, “An Analysis On The English Teachers Strategies in Teaching Reading Comprehension SMP 1 Wonomulyo,” ETERNAL (English, Teaching, Learn. Res. Journal), vol. 3, no. 2, pp. 151–160, 2017.
S. B. Djamarah and A. Zain, “Strategi Belajar Mengajar Jakarta: Rineka Cipta,” Kemamp. Spasial, 2010.
B. Uno Hamzah, “Model Pembelajaran,” Jakarta Bumi Aksara, 2008.
C. L. Brown, “Strategies for making social studies texts more comprehensible for English-language learners,” Soc. Stud., vol. 98, no. 5, pp. 185–188, 2007.
R. W. Kindsvatter and W. Wilen, “W., & Ishler, M.(1996),” Dyn. Eff. Teach., vol. 379.
T. Riyanto, “Pembelajaran Sebagai Suatu Bimbingan Pribadi, Jakarta: PT,” Gramedia Widiasarana Indones., 2002.
J. Dewey, “Education for a changing social order (1934),” Schools, vol. 1, no. 1, pp. 98–100, 2004.
J. Harmer, “How to teach English,” ELT J., vol. 62, no. 3, pp. 313–316, 2008.
B. Y. Cahyono, “The teaching of English language skills and English language components,” Malang Univ. Negeri Malang, 2010.
M. Mukhroji, “The importance of teaching reading strategies to improve students reading comprehension,” Unpubl. Thesis. Univ. Negeri Malang, 2011.
R. T. Vacca and J. A. L. Vacca, Content area reading. Scott, Foresman Glenview, IL, 1989.
D. Gasong, “Model Pembelajaran Konstruktifistik Sebagai Alternatif Mengatasi Masalah Pembelajaran (Online),(http.” 2007.
D. Ary, Lc. Jacobs, A. Razavieh, and C. Sorensen, “Introduction to research in education 8th ed,” Belmont, CA Wadsworth, 2010.
D. Sugiyono, “Memahami penelitian kualitatif,” 2010.
S. Stainback and S. William, “Understanding and Conducting Qualitative,” Res. Lowa Kendall Publ. Co., 1998.
P. Dr, “Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D,” CV. Alf. Bandung, p. 25, 2008.
S. dalam Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.” 2017.
N. THAHIR, “STUDENTS’PERCEPTION OF THE METHODS USED BY THE TEACHER IN TEACHING ENGLISH AT SMA NEGERI 13 PANGKEP,” 2018.
M. B. Miles and A. M. Huberman, “Drawing valid meaning from qualitative data: Toward a shared craft,” Educ. Res., vol. 13, no. 5, pp. 20–30, 1984.
R. Oxford, Language learning strategiesWhat every teacher should know. Heinle & heinle Publishers.;, 1990.
N. Sudjana, Teori-teori belajar untuk pengajaran. Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, 1990.
Downloads
Published
Versions
- 2023-01-31 (2)
- 2023-01-31 (1)