This is an outdated version published on 2023-01-31. Read the most recent version.

AN ANALYSIS OF ENGLISH TEACHER’S STRATEGIES IN TEACHING READING AT SMAN 1 KAMBOWA

Authors

  • Defi Zakira 1) , Baharudin Adu 2) , Nur Melansari 3) Universitas Dayanu Ikhsanudin,

DOI:

https://doi.org/10.55340/fkip.v11i1.1284

Keywords:

Strategi Guru,, Pengajaran Membaca

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa strategi guru dalam mengajar membaca dan bagaimana tanggapan siswa terhadap strategi yang digunakan guru dalam mengajar membaca di SMAN 1 Kambowa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru Bahasa Inggris dalam mengajar membaca dan untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap strategi yang digunakan guru dalam mengajar membaca di SMAN 1 KambowaPenelitian ini menggunakan desain deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah seorang guru bahasa Inggris di SMAN 1 Kambowa dan 25 responden siswa kelas XI SMAN 1 Kambowa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan angket. Teknik analisis data adalah tiga tahapan yang dirumuskan oleh Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa guru menggunakan dua macam strategi dalam pembelajaran membaca di SMAN 1 Kambowa, yaitu QARs (hubungan tanya jawab) dan permainan. Respon siswa terhadap strategi yang digunakan guru yaitu dari 25 siswa terdapat 20 siswa (80%) dalam kategori sangat setuju dan 5 siswa (20%) dalam kategori setuju.

Downloads

Download data is not yet available.

References

J. Harmer, The practice of English language

teaching. Pearson longman, 2007.

R. B. Laddoo, “The importance of reading.”

D. Willis, “Reading for information: Motivating

learners to read efficiently,” Br. Counc.

English, 2008.

N. Sarjan, “An Analysis On The English

Teachers Strategies in Teaching Reading

Comprehension SMP 1 Wonomulyo,”

ETERNAL (English, Teaching, Learn. Res.

Journal), vol. 3, no. 2, pp. 151–160, 2017.

S. B. Djamarah and A. Zain, “Strategi Belajar

Mengajar Jakarta: Rineka Cipta,” Kemamp.

Spasial, 2010.

B. Uno Hamzah, “Model Pembelajaran,”

Jakarta Bumi Aksara, 2008.

C. L. Brown, “Strategies for making social

studies texts more comprehensible for

English-language learners,” Soc. Stud., vol. 98,

no. 5, pp. 185–188, 2007.

R. W. Kindsvatter and W. Wilen, “W., & Ishler,

M.(1996),” Dyn. Eff. Teach., vol. 379.

T. Riyanto, “Pembelajaran Sebagai Suatu

Bimbingan Pribadi, Jakarta: PT,” Gramedia

Widiasarana Indones., 2002.

J. Dewey, “Education for a changing social

order (1934),” Schools, vol. 1, no. 1, pp. 98–

, 2004. J. Harmer, “How to teach English,” ELT

J., vol.62, no. 3, pp. 313–316, 2008.

B. Y. Cahyono, “The teaching of English

language skills and English language

components,” Malang Univ. Negeri Malang,

M. Mukhroji, “The importance of teaching

reading strategies to improve students

reading comprehension,” Unpubl. Thesis.

Univ. Negeri Malang, 2011.

R. T. Vacca and J. A. L. Vacca, Content area

reading. Scott, Foresman Glenview, IL, 1989.

D. Gasong, “Model Pembelajaran

Konstruktifistik Sebagai Alternatif Mengatasi

Masalah Pembelajaran (Online),(http.” 2007.

D. Ary, Lc. Jacobs, A. Razavieh, and C.

Sorensen, “Introduction to research in

education 8th ed,” Belmont, CA Wadsworth,

D. Sugiyono, “Memahami penelitian kualitatif,”

S. Stainback and S. William, “Understanding

and Conducting Qualitative,” Res. Lowa

Kendall Publ. Co., 1998.

P. Dr, “Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif

Kualitatif dan R&D,” CV. Alf. Bandung, p. 25,

S. dalam Sugiyono, “Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:

Alfabeta, CV.” 2017.

N. THAHIR, “STUDENTS’PERCEPTION OF THE

METHODS USED BY THE TEACHER IN

TEACHING ENGLISH AT SMA NEGERI 13

PANGKEP,” 2018.

M. B. Miles and A. M. Huberman, “Drawing

valid meaning from qualitative data: Toward a

shared craft,” Educ. Res., vol. 13, no. 5, pp. 20–

, 1984.

R. Oxford, Language learning strategiesWhat

every teacher should know. Heinle & heinle

Publishers.;, 1990.

N. Sudjana, Teori-teori belajar untuk

pengajaran. Lembaga Penerbit Fakultas

Ekonomi Universitas Indonesia, 1990.

Downloads

Published

2023-01-31

Versions

Issue

Section

Articles