AN ANALYSIS OF ENGLISH TEACHER’S STRATEGIES IN TEACHING READING AT SMAN 1 KAMBOWA
DOI:
https://doi.org/10.55340/fkip.v11i1.1284Keywords:
Strategi Guru,, Pengajaran MembacaAbstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa strategi guru dalam mengajar membaca dan bagaimana tanggapan siswa terhadap strategi yang digunakan guru dalam mengajar membaca di SMAN 1 Kambowa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru Bahasa Inggris dalam mengajar membaca dan untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap strategi yang digunakan guru dalam mengajar membaca di SMAN 1 KambowaPenelitian ini menggunakan desain deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah seorang guru bahasa Inggris di SMAN 1 Kambowa dan 25 responden siswa kelas XI SMAN 1 Kambowa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan angket. Teknik analisis data adalah tiga tahapan yang dirumuskan oleh Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa guru menggunakan dua macam strategi dalam pembelajaran membaca di SMAN 1 Kambowa, yaitu QARs (hubungan tanya jawab) dan permainan. Respon siswa terhadap strategi yang digunakan guru yaitu dari 25 siswa terdapat 20 siswa (80%) dalam kategori sangat setuju dan 5 siswa (20%) dalam kategori setuju.
Downloads
References
J. Harmer, The practice of English language
teaching. Pearson longman, 2007.
R. B. Laddoo, “The importance of reading.”
D. Willis, “Reading for information: Motivating
learners to read efficiently,” Br. Counc.
English, 2008.
N. Sarjan, “An Analysis On The English
Teachers Strategies in Teaching Reading
Comprehension SMP 1 Wonomulyo,”
ETERNAL (English, Teaching, Learn. Res.
Journal), vol. 3, no. 2, pp. 151–160, 2017.
S. B. Djamarah and A. Zain, “Strategi Belajar
Mengajar Jakarta: Rineka Cipta,” Kemamp.
Spasial, 2010.
B. Uno Hamzah, “Model Pembelajaran,”
Jakarta Bumi Aksara, 2008.
C. L. Brown, “Strategies for making social
studies texts more comprehensible for
English-language learners,” Soc. Stud., vol. 98,
no. 5, pp. 185–188, 2007.
R. W. Kindsvatter and W. Wilen, “W., & Ishler,
M.(1996),” Dyn. Eff. Teach., vol. 379.
T. Riyanto, “Pembelajaran Sebagai Suatu
Bimbingan Pribadi, Jakarta: PT,” Gramedia
Widiasarana Indones., 2002.
J. Dewey, “Education for a changing social
order (1934),” Schools, vol. 1, no. 1, pp. 98–
, 2004. J. Harmer, “How to teach English,” ELT
J., vol.62, no. 3, pp. 313–316, 2008.
B. Y. Cahyono, “The teaching of English
language skills and English language
components,” Malang Univ. Negeri Malang,
M. Mukhroji, “The importance of teaching
reading strategies to improve students
reading comprehension,” Unpubl. Thesis.
Univ. Negeri Malang, 2011.
R. T. Vacca and J. A. L. Vacca, Content area
reading. Scott, Foresman Glenview, IL, 1989.
D. Gasong, “Model Pembelajaran
Konstruktifistik Sebagai Alternatif Mengatasi
Masalah Pembelajaran (Online),(http.” 2007.
D. Ary, Lc. Jacobs, A. Razavieh, and C.
Sorensen, “Introduction to research in
education 8th ed,” Belmont, CA Wadsworth,
D. Sugiyono, “Memahami penelitian kualitatif,”
S. Stainback and S. William, “Understanding
and Conducting Qualitative,” Res. Lowa
Kendall Publ. Co., 1998.
P. Dr, “Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif
Kualitatif dan R&D,” CV. Alf. Bandung, p. 25,
S. dalam Sugiyono, “Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:
Alfabeta, CV.” 2017.
N. THAHIR, “STUDENTS’PERCEPTION OF THE
METHODS USED BY THE TEACHER IN
TEACHING ENGLISH AT SMA NEGERI 13
PANGKEP,” 2018.
M. B. Miles and A. M. Huberman, “Drawing
valid meaning from qualitative data: Toward a
shared craft,” Educ. Res., vol. 13, no. 5, pp. 20–
, 1984.
R. Oxford, Language learning strategiesWhat
every teacher should know. Heinle & heinle
Publishers.;, 1990.
N. Sudjana, Teori-teori belajar untuk
pengajaran. Lembaga Penerbit Fakultas
Ekonomi Universitas Indonesia, 1990.