UPAYA GURU IPS DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PADA SISWA SMP NEGERI 2 LAKUDO
Keywords:
Guru IPS, Belajar, Siswa SMPAbstract
Permasalahan yang akan menjadi obyek penelitian adalah Bagaimana kesulitan belajar yang dihadapi siswa dan upaya yang dilakukan guru IPS untuk mengatasinya. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah “kesulitan belajar yang dihadapi siswa dan upaya yang dilakukan guru IPS untuk mengatasinya di SMP Negeri 2 Lakudo “.
Maka dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif.. Data jumlah yang menjadi populasi penelitian adalah 102 rang siswa (terdiri dari 4 rombongan belajar) untuk kelas VII. maka sampel penelitiannya sebanyak 25% dari populasi 102 orang. Maka sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 25 orang. instrumen penelitian yang digunakan. Dalam penelitian ini ada beberapa data yang diperlukan yaitu: wawancara observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data Triangulasi
Berdasarkan hasil penelitian Siswa mengalami kesulitan dalam memahami dan menghafal materi-materi karena padanya perampingan jam pelajaran IPS sehingga waktunya yang dirasa kurang lama. Kurangnya waktu dalam mengerjakan materi hitung-menghitung yang ada pada pelajaran ekonomi. Menurut siswa materi yang disampaikan guru kurang banyak karena keterbatasan waktu dengan adanya perampingan jam pelajaran IPS sehingga siswa merasa sulit menemukan jawaban-jawaban pada soal-soal ujian. Guna memudahkan siswa untuk memahami dan menerima materi IPS dengan baik maka guru memberikan pembelajaran dengan model team teaching. Penggunaan model integrasi pembelajaran berdasarkan topik. Memberikan jam tambahan pelajaran IPS baik masih dalam jam pelajaran sekolah maupun diluar jam pelajaran sekolah. Meminta siswa agar memperluas materi-materi IPS melalui internet atau buku-buku yang ada diperpustakaan
Downloads
References
Ahmad, D Marimba. 1984. Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: PT Ma’arif
Ali, Mohammad. 1988. Metode Penelitian. Bandung : Angkasa.
Ali, Mohammad. 2004. Amal Shalih Pengantar ke Surga dan Penyelamat Dari Neraka. Jakarta Timur: Pustaka Al-Kautsar
Arikunto, Suharsimi. 1998. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara
Debdikbud. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Djamarah, S.B., 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru, Surabaya.Usahan Nasional.
Dimayati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka
Kartono, K. 1990. Bimbingan Bagi Anak Dan Remaja Yang Bermasalah. Jakarta: Rajawali
Moloeng, lexy J. 2001. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Rosda
Purwadarmintly, W.J.S., 1984. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta. Balai Pustaka.
Sardiman, 2001 Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta. Rajawali
Sayekti, M. 1985. Marfologi (Suatu Tinjauan Deskriptif). Jakarta : CV. Karyono.
Sugiono. 2003. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Sudjana. 1990. Cara Belajar Siswa Aktif Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Merson U. Sangalang.
Usman. 2006. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara
Usman, Husain dkk. 2006. Pengantar Statistik. Jakarta: Bumi Aksara