UPAYA GURU IPS DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PADA SISWA SMP NEGERI 2 LAKUDO

Authors

  • AMALUDDIN

Keywords:

Guru IPS, Belajar, Siswa SMP

Abstract

Permasalahan yang akan menjadi obyek penelitian adalah Bagaimana kesulitan  belajar  yang  dihadapi  siswa  dan  upaya  yang  dilakukan  guru  IPS untuk  mengatasinya. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah “kesulitan  belajar  yang  dihadapi  siswa  dan  upaya  yang  dilakukan  guru  IPS untuk  mengatasinya di SMP Negeri 2 Lakudo “.

Maka dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif.. Data jumlah yang menjadi populasi penelitian adalah 102 rang siswa (terdiri dari 4 rombongan belajar) untuk kelas VII. maka sampel penelitiannya sebanyak 25% dari populasi 102 orang. Maka sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 25 orang. instrumen penelitian yang digunakan. Dalam penelitian ini ada beberapa data yang diperlukan yaitu: wawancara observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data Triangulasi

Berdasarkan hasil penelitian  Siswa mengalami kesulitan dalam memahami dan menghafal materi-materi karena padanya perampingan jam pelajaran IPS sehingga waktunya yang dirasa kurang lama. Kurangnya waktu dalam mengerjakan materi hitung-menghitung yang ada pada pelajaran ekonomi. Menurut siswa materi yang disampaikan guru kurang banyak karena keterbatasan waktu dengan adanya perampingan jam pelajaran IPS sehingga siswa merasa sulit menemukan jawaban-jawaban pada soal-soal ujian. Guna memudahkan siswa untuk memahami dan menerima materi IPS dengan baik maka guru memberikan pembelajaran dengan model team teaching. Penggunaan model integrasi pembelajaran berdasarkan topik. Memberikan jam tambahan pelajaran IPS baik masih dalam jam pelajaran sekolah maupun diluar jam pelajaran sekolah. Meminta siswa agar memperluas materi-materi IPS melalui internet atau buku-buku yang ada diperpustakaan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, D Marimba. 1984. Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: PT Ma’arif

Ali, Mohammad. 1988. Metode Penelitian. Bandung : Angkasa.

Ali, Mohammad. 2004. Amal Shalih Pengantar ke Surga dan Penyelamat Dari Neraka. Jakarta Timur: Pustaka Al-Kautsar

Arikunto, Suharsimi. 1998. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara

Debdikbud. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Djamarah, S.B., 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru, Surabaya.Usahan Nasional.

Dimayati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka

Kartono, K. 1990. Bimbingan Bagi Anak Dan Remaja Yang Bermasalah. Jakarta: Rajawali

Moloeng, lexy J. 2001. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Rosda

Purwadarmintly, W.J.S., 1984. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta. Balai Pustaka.

Sardiman, 2001 Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta. Rajawali

Sayekti, M. 1985. Marfologi (Suatu Tinjauan Deskriptif). Jakarta : CV. Karyono.

Sugiono. 2003. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Sudjana. 1990. Cara Belajar Siswa Aktif Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Merson U. Sangalang.

Usman. 2006. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara

Usman, Husain dkk. 2006. Pengantar Statistik. Jakarta: Bumi Aksara

Downloads

Published

2024-08-24