Pengaruh Soal Mata Pelajaran IPS terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII-IX di SMP Negeri 2 Kambowa

Authors

  • Amaluddin Amaluddin Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Rislan Rislan Universitas Dayanu Ikhsanuddin

Keywords:

Soal Mata Pelajaran IPS, Prestasi Belajar

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh soal mata pelajaran IPS di SMP terhadap prestasi belajar siswa kelas VII, VIII, IX di SMP Negeri 2 Kambowa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh soal mata pelajaran IPS terhadap prestasi belajar siswa kelas VII, VIII, IX SMP Negeri 2 Kambowa. Metode Penelitian ini adalah metode kuantitatif jenis studi korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh jumlah siswa kelas VII, VIII, IX di SMP Negeri 2 Kambowa yang berjumlah 121 orang siswa. Sampel penelitian ini dengan menggunakan teknik acak sampling (jumlah secara acak keseluruhan) kelas VII, VIII, IX dengan jumlah 121 orang siswa. Instrumen observasi dan angket. Hasil penelitian dianalisis secara kuantitatif dengan rumus product moment. Berdasarkan hasil yang diperoleh, nilai koofisien korelasi (r) sebesar 0,43 sedangkan nilai determinasinya (r2) sebesar 43,5 Uji validitas 1,104 dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh soal mata pelajaran IPS terhadap prestasi belajar siswa kelas VII, VIII, IX di SMP Negeri 2 Kambowa. Uji t (t-hitung ) 51,765, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh soal-soal ujian semester di SMP terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Kambowa. Untuk uji reliabilitas instrument variabel X didapatkan hasil r = 1,050. Hal ini menunjukan bahwa tingkat reliabilitas instrument termasuk sangat tinggi. Nilai rata-rata yaitu 77,06 serta rtable dengan memperhatikan besarnya rxy = 0,43 yang bekisar antara 0.400 – 0.599 berarti ada korelasi antara variabel X dan variabel Y dan itu termasuk korelatif positif yang sangat rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdulrahman, Mulyono. 2010. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Arif Gunarso. 1993. Prestasi Belajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. 1995. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Azwar, Saifudin. 1986. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar. 2010. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.

Depdiknas, 2008. 15 Tes Objektif Juga Sebagai Tes Jawaban Singkat. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama Depdiknas.

Djamarah, S.B. 2011. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Gerungan. 2004. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo.

Haditomo & Siti Partini. 1980. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. PT BPK Gunung Mulia.

Hamalik. 2007. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. PT BPK Gunung Mulia.

Hasan,H. 2008. Evaluasi Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Jihad, Asep dan Haris Abdul. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Perssindo.

Muhibbin Syah. 2006:132. Prestasi Anak. Bandung: Sinar Baru Algesido Offset.

Monica, Lan. 2007. Prestasi Belajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Nasution. 1978. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.

Purwanto. 1991. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Perssindo.

Raka Joni. 1984. Strategi Belajar Mengajar Suatu Tinjauan Pengantar. Jakarta: P2LPTK.

Ramly. 2006. Bahan Ajar Mata Kuliah Evaluasi Pengajaran (Suatu Pendekatan Praktir). Kendari: FKIP UNHALU.

Rustaman. 2009. Evaluasi Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sarlito, Eko. 2009. Psikologi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Silverius. 1991. Evaluasi Pembelajaran. Surabaya: Usaha Nasional.

Siregar, Syofian. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif dilengkapi dengan Perbandingan

Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Kencana PrenadaMedia Group.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Bina Aksara.

Subali. 2010. Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: Garuda Persada.

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Syaodih Sukmadinanta, Nana, 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Winkel. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo.

Yamin, Martinis. 2007. Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: Garuda Persada.

Oemar Hamalik. 2006. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Pidarta. 1999. Pemikiran tentang Supervisi Pendidikan. Jakarta: PT. Bina Aksara.

Prasetyo. 2007. Mencari Strategi Pengembangan Pendidikan Nasional Menjelang Abad XXI. Jakarta: Grasindo.

Ramayulis dan Samsul Nizar. 2009. Filsafat Pendidikan islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Sangidu, R. 2004. Konsep Metode Pembelajaran dan Pendidikan. Jakarta: Kalam Mulia.

Sudirman, B. 1987. Metode Pembelajaran Tanya Jawab. Jakarta: Kalam Mulia.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja

Rosda Karya.

Sudjana, Nana. 2005. Metode Pembelajaran IPS. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Usman, M. Uzer. 2006. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Wijaya, C. dan Rusyan A.T. 1994. Kemampuan Dasar Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Yamin, Martinis. 2007. Profesionalisasi Guru dan Implementasi KTSP, Jakarta: Gaung Persada Press.

Zainal Arifin. 2011. Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Downloads

Published

2019-11-01

Issue

Section

Articles