Pelaksanaan Metode Pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI di SMA Negeri 2 Baubau
Keywords:
Kemampuan Berpikir Siswa, Pelajaran SejarahAbstract
Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan metode Value Clarification Technique dalam meningkatkan kemampuan berpikir siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI SMA Negeri 2 Baubau. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan metode pembelajaran VCT untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa pada siswa kelas XI, di SMA Negeri 2 Baubau. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas. Desain penelitian dengan menerapkan metode VCT (Value Clarification Technique) sebagai alternatif tindakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa pada mata pelajaran sejarah siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Baubau. Populasi dalam penelitian ini adalah 494 orang (terdiri dari 15 rombongan belajar). Sampel Penelitian ini adalah kelas XI IPS 3 yang terdiri dari 33 siswa SMA Negeri 2 Baubau. Instrument penelitian ini yang digunakan dalam penelitian adalah observasi dan RPP 1, RPP 2, langkah-langkah metode VCT (Value Clarification Technique), aktifitas siswa, daftar ceklis. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) pada siklus I presentase tingkat keberhasilan penguasaan materi siswa mengalami peningkatan menjadi 72% dengan nilai 72,27 yaitu sebanyak 11 orang; 2) pada siklus II tingkat keberhasilan penguasaan materi siswa mencapai 85% dengan nilai 76,52 sebanyak 28 orang. Hal ini menunjukan bahwa pelaksanaan metode pembelajaran VCT dalam pembelajaran sejarah dapat meningkatkan keaktifan siswa.
Downloads
References
Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: PT Rineka Cipta, Cet. XIII.
Ahmad. 2010. Langkah-langkah Pembelajaran Value Clarification Technique. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Bahri, Zain. 2010. Seri Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Model.
C. Larasati Milburga, dkk. 2001. Membina Perpustakaan Sekolah, Yogyakarta: Kanisius.
Daryanto. 1997. Kamus Bahasa Indonesia Lengkap, Surabaya: Apollo.
Koasih, Aa. 2009. Tata Ruang, Perabot dan Perlengkapan Perpustakaan Sekolah OnLine. Jakarta.
Kurt Levin. 2011. Panduan Guru: Penelitian Tindakan Kelas. Pustaka Pelajar.
Muhibin Syah. 2010. Psikologis Belajar. Jakarta. Raja Grafindo Persada.
Ningrum, Epon. 2014. Panduan Praktis dan Contoh Pembelajaran. Yogyakarta
(http://.Ktp.unp.ac.id/htmldikases pada tanggal 11 mei 2019)
(http://.Ktp.unp.ac.id/htmldikases pada tanggal 11 mei 2019)
(http://disafa-casafa.bolgspot.com/2011/11/html/diakses pada tangal 11 mei 2019.