Pengaruh Metode Pembelajaran Diskusi terhadap Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas X di SMA Negeri 3 Baubau
Keywords:
Pembelajaran DiskusiAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran diskusi terhadap prestasi belajar sejarah siswa kelas X di SMA Negeri 3 Baubau. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh jumlah siswa kelas X SMA Negeri 3 Baubau yang terdiri dari 221 orang siswa. Sampel penelitian ini dengan menggunakan teknik total sampling kelas X dengan jumlah 77 orang siswa. Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi,dan angket. Hasil penelitian dianalisis secara kuantitatif dengan rumus product moment. Berdasarkan hasil yang diperoleh, nilai koofisien korelasi (r) sebesar 0,73 sedangkan nilai determinasinya (r2)sebesar 53,2 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metodepembelajaran diskusi terhadap prestasi siswa kelas X di SMA Negeri 3 Baubau. Uji t (t-hitung) 9,25 maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode pembelajaran diskusi terhadap prestasi belajar siswa kelas X di SMA Negeri 3 Baubau dengan memperhatikan besarnya rxy = 0,73 yang berkisar antara 0.600 - 0,799 berarti ada korelasi antara variabel X dan variabel Y dan itu termasuk korelasi positif yang kuat atau tinggi.
Downloads
References
Akbar, Husaini Usman Dan Purnomo Setiady. 2000. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta:Bumi Aksara.
Armai Arief. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arifin. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik) Edisi Revisi VI. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.
Azwar, Saifudin. 1986. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Basundoro, Supardan. 2014. Buku Sejarah Pegangan Guru Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Dewa Ketut Sukardi & Sunarya. 1983. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Dimyanti dan Mudjiono. 1989. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah Syaiful Bahri dan Zain Aswan. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.
Haditomo & Siti Partini. 1980. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. PT BPK Gunung Mulia.
Hamalik. 2006. Strategi Belajar dan Kelompok. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia.
Hamalik. 2010. Pendekatan Baru Stategi Belajar Mengajar Berdasarkan CBSA. Bandung: Sinar Baru, Algesindo.
Hetika dan Harjati. 2008. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Linda Darling-Hammond & John Baratz-Snowden. 2009. Guru yang Baik di Setiap Kelas. Jakarta: PT Indeks.
Nurgiantoro. 1988. Tes Prestasi, Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ramly. 2006. Bahan Ajar Mata Kuliah Evaluasi Pengajaran (Suatu Pendekatan Praktir). Kendari: FKIP UNHALU.
Riyanto, Yatim. 2001. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Ruseffendi. 2005. Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Soenoro, 1982. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Siregar, Syofian. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Kencana PrenadaMedia Group.
Sumadi Suryabrata. 1987. Tes Prestasi, Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sutratinah Tirtonegoro. 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Pendidikan Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Suryosubroto. 1997. Strategi Belajar dan Kelompok. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia.
Yulita. 2008. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.