Penggunaan Metode Pembelajaran Resitasi/Penugasan dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Batu Atas
Keywords:
Pembelajaran ResitasiAbstract
Rumusan masalah yang akan menjadi obyek penelitian sebagai berikut: Bagaimana penggunaan metode pembelajaran resitasi/penugasan dalam meningkatkan keaktifan belajar sejarah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Batu Atas. Tujuan untuk mengetahui penggunaan metode pembelajaran resitasi/penugasan dalam meningkatkan keaktifan belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas VII SMP Negeri 1 Batu Atas. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas atau PTK. Populasi dalam penelitian ini adalah 193 orang. dan sampel pada penelitian, Peneliti memilih kelas VII 1 yang terdiri dari 26 siswa. Instrumen penelitian yaitu Metode Observasi, Metode Demonstrasi dan Metode Dokumentasi. Hasil penelitian pada siklus I Keberhasilan siswa pada siklus I ini selama kegiatan belajar hanya 11 orang atau 42 % siswa yang aktif dan 15 orang atau 58% siswa yang aktif dan Pada siklus II, ini selama kegiatan belajar mengalami peningkatan dimana 22 orang atau 84% siswa yang aktif dan 4 orang atau 16% siswa yang aktif.
Downloads
References
Arends, R.I. 2008. Learning to Tench. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dimiyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rieneka Cipta.
Djamarah dan Aswan. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Harmuni. 2012. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insane Madanai.
IsmailSM. 2009. Strategi Pembelajaran PAIKEM. Semarang: RaSAIL Media Group.
Isjoni. 2007. Pembelajaran Sejarah pada Satuan Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Kusumah, Wijaya dan Dedi Dwitagama. 2010. Penelitian Tindakan kelas. Jakarat: PT.
Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rostiyah, N.K. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudirman. 1987. Metode Pembelajaran Tanya Jawab. Jakarta: Kalam Mulia.
Sugiyono, 2004. Metode Penelitian Pendidikan Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Udin S. Winataputra. 2003. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas.