PENGARUH PEMBELAJARAN ONLINE DENGAN MEDIA WHATSAPP TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMP NEGERI 1 SIOMPU BARAT

Authors

  • MASKUN BAITU

Keywords:

-

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah pengaruh pembelajaran online dengan media
whatsapp terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran sejarah di SMP
Negeri 1 Siompu Barat. bertujuan : 1) untuk mengetahui apakah ada pengaruh
pembelajaran online dengan media whatsapp terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII
pada mata pelajaran sejarah di SMP Negeri 1 Siompu Barat.
Pengumpulan data dalam penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode
penelitian kuanlitatif yang memiliki tiga tahap kerja yaitu: (a) observasi, (b) dokumen,
dan (c) Quesioner. Waktu dan Tempat Penelitian ini dilakukan Tahun ajaran 2020/2021
di SMP Negeri 1 Siompu Barat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh jumlah
siswa kelas VIII 1 berjumlah 27, kelas VIII 2 berjumlah 27 dan kelas VIII 2 berjumlah
27 maka total populasi Berjumlah 81 orang siswa . Sampel penelitian ini dengan
menggunakan teknik total sampling ( sampel total ) dimana populasi sekaligus dengan
jumlah 81 orang siswa. Instrumen observasi dan angket .
Hasil penelitian dianalisis secara kuantitatif dengan umus product moment.
Berdasarkan hasil yang diperoleh, nilai koofisien korelasi (r) sebesar 0,85 sedangkan
nilai determinasinya (

) sebesar 0,7225 Ujivaliditas 0,992 dapat di simpulkan bahwa
ada pengaruh pembelajaran online dengan media whatsapp terhadap prestasi belajar
siswa kelas VIII pada mata pelajaran sejarah di SMP Negeri 1 Siompu Barat. Uji t (thitung ) 1,434, maka dapat di simpulkan bahwa ada pengaruh pembelajaran online
dengan media whatsapp terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran
sejarah di SMP Negeri 1 Siompu Barat. Untuk uji reliabilitas instrument variabel X di
dapatkan hasil r = 0,899. Hal ini menunjukan bahwa tingkat reliabilitas instrument
termasuk sanga tinggi. Mean/Nilai rata-rata yaitu 60,77, median 41 yaitu 73 dan
modusn 76 serta r table dengan memperhatikan besarnya = 0,85 yang bekisar antara
0.800 – 1.000 berarti ada korelasi antara variabel X dan variabel Y dan itu termasuk
korelatif positif yang sangat tinggi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, Husaini Usman Dan Purnomo Setiady. 2000. Metodologi Penelitian Sosial,

Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik) Edisi Revisi VI.

Jakarta : PT Asdi Mahasatya.

Azwar, Saifudin. 1986. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Clark, R.C. & Mayer, R.E. 2008. E-learning and the science of intruction; proven

guidelines for consumer and desingner of multimedia learnig, second edition.

Sanfrasisco : san francsisco.

Cotton, K. 1991. Teching thinking skill. (online) http://www.ames.spps.prg/sites

diakses (9 september 2020)

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Dewa Ketut Sukardi& Sunarya. 1983. Evaluasi Pembelajaran.Bandung. PT Remaja

Rosda Karya

Djamarah. 2000.Strategi Belajar Mengajar. RinekaCipta. Jakarta

Embi, Muhammad. 2011. Aplikasi Web 2.0 dalam Pengajaran dan Pembelajaran.

Selangor: Universiti Kebangsaan Selangor.

Haditomo& Siti Partini. 1980. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. PT BPK gunung

mulia.

Hammi, Zedha. 2017. Iplementasi Google Classroom pada Kelas XI IPA MAN 2

Kudus. Universitas Negeri Semarang

Hetika dan Harjati. 2008. Evaluasi Pembelajaran.Bandung : PT Remaja Rosda Karya

Mudjiono. 2006.Belajar dan Pembelajaran. Jakarta ; Renika Cipta

Ramly. 2006. Bahan Ajar Mata Kuliah Evaluasi Pengajaran ( Suatu Pendekatan

Praktir ). Kendari: FKIP UNHALU.

Riyanto, Yatim. 2001. Paradigma Baru Pembelajaran. Kencana. Jakarta.

Downloads

Published

2021-09-21

Issue

Section

Articles