PENGARUH PEMBELAJARAN ONLINE DENGAN MEDIA WHATSAPP TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMP NEGERI 1 SIOMPU BARAT
Keywords:
-Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah pengaruh pembelajaran online dengan media
whatsapp terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran sejarah di SMP
Negeri 1 Siompu Barat. bertujuan : 1) untuk mengetahui apakah ada pengaruh
pembelajaran online dengan media whatsapp terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII
pada mata pelajaran sejarah di SMP Negeri 1 Siompu Barat.
Pengumpulan data dalam penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode
penelitian kuanlitatif yang memiliki tiga tahap kerja yaitu: (a) observasi, (b) dokumen,
dan (c) Quesioner. Waktu dan Tempat Penelitian ini dilakukan Tahun ajaran 2020/2021
di SMP Negeri 1 Siompu Barat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh jumlah
siswa kelas VIII 1 berjumlah 27, kelas VIII 2 berjumlah 27 dan kelas VIII 2 berjumlah
27 maka total populasi Berjumlah 81 orang siswa . Sampel penelitian ini dengan
menggunakan teknik total sampling ( sampel total ) dimana populasi sekaligus dengan
jumlah 81 orang siswa. Instrumen observasi dan angket .
Hasil penelitian dianalisis secara kuantitatif dengan umus product moment.
Berdasarkan hasil yang diperoleh, nilai koofisien korelasi (r) sebesar 0,85 sedangkan
nilai determinasinya (
) sebesar 0,7225 Ujivaliditas 0,992 dapat di simpulkan bahwa
ada pengaruh pembelajaran online dengan media whatsapp terhadap prestasi belajar
siswa kelas VIII pada mata pelajaran sejarah di SMP Negeri 1 Siompu Barat. Uji t (thitung ) 1,434, maka dapat di simpulkan bahwa ada pengaruh pembelajaran online
dengan media whatsapp terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran
sejarah di SMP Negeri 1 Siompu Barat. Untuk uji reliabilitas instrument variabel X di
dapatkan hasil r = 0,899. Hal ini menunjukan bahwa tingkat reliabilitas instrument
termasuk sanga tinggi. Mean/Nilai rata-rata yaitu 60,77, median 41 yaitu 73 dan
modusn 76 serta r table dengan memperhatikan besarnya = 0,85 yang bekisar antara
0.800 – 1.000 berarti ada korelasi antara variabel X dan variabel Y dan itu termasuk
korelatif positif yang sangat tinggi
Downloads
References
Akbar, Husaini Usman Dan Purnomo Setiady. 2000. Metodologi Penelitian Sosial,
Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik) Edisi Revisi VI.
Jakarta : PT Asdi Mahasatya.
Azwar, Saifudin. 1986. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Clark, R.C. & Mayer, R.E. 2008. E-learning and the science of intruction; proven
guidelines for consumer and desingner of multimedia learnig, second edition.
Sanfrasisco : san francsisco.
Cotton, K. 1991. Teching thinking skill. (online) http://www.ames.spps.prg/sites
diakses (9 september 2020)
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Dewa Ketut Sukardi& Sunarya. 1983. Evaluasi Pembelajaran.Bandung. PT Remaja
Rosda Karya
Djamarah. 2000.Strategi Belajar Mengajar. RinekaCipta. Jakarta
Embi, Muhammad. 2011. Aplikasi Web 2.0 dalam Pengajaran dan Pembelajaran.
Selangor: Universiti Kebangsaan Selangor.
Haditomo& Siti Partini. 1980. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. PT BPK gunung
mulia.
Hammi, Zedha. 2017. Iplementasi Google Classroom pada Kelas XI IPA MAN 2
Kudus. Universitas Negeri Semarang
Hetika dan Harjati. 2008. Evaluasi Pembelajaran.Bandung : PT Remaja Rosda Karya
Mudjiono. 2006.Belajar dan Pembelajaran. Jakarta ; Renika Cipta
Ramly. 2006. Bahan Ajar Mata Kuliah Evaluasi Pengajaran ( Suatu Pendekatan
Praktir ). Kendari: FKIP UNHALU.
Riyanto, Yatim. 2001. Paradigma Baru Pembelajaran. Kencana. Jakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Sejarah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.