PENGARUH KOMPENTENSI GURU IPS DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 9 BAUBAU

Authors

  • AMALUDDIN

Keywords:

-

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah pengaruh kompentensi guru dalam
pembelajaran IPS terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS di
SMP Negeri 9 Baubau. Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui
apakah ada pengaruh pengaruh kompentensi guru dalam pembelajaran IPS terhadap
prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 9 Baubau
Pengumpulan data dalam penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode
penelitian kuanlitatif yang memiliki tiga tahap kerja yaitu: (a) observasi, (b) dokumen,
dan (c) Quesioner. Waktu dan Tempat Penelitian ini dilakukan Tahun ajaran 2020/2021
di SMP Negeri 9 Baubau. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh jumlah siswa
kelas VIII 1 berjumlah 54 dan kelas VIII 2 berjumlah 59 maka total populasi
Berjumlah 113 orang siswa . Sampel penelitian ini dengan menggunakan teknik random
sampling ( sampel acak ) dimana kelas VIII 1 ditarik sampel berjumlah 28 dan kelas
VIII 2 ditarik sampel berjumlah 29, jadi sampel sebesar 50% maka jumlah sampel yang
di teliti berjumlah 57 orang siswa. Instrumen observasi dan angket .
Hasil penelitian dianalisis secara kuantitatif dengan umus product moment.
Berdasarkan hasil yang diperoleh, nilai koofisien korelasi (r) sebesar 0,75 sedangkan
nilai determinasinya (

) sebesar 0,5625. Ujivaliditas 0,998 dapat di simpulkan bahwa
ada pengaruh kompentensi guru dalam pembelajaran IPS terhadap prestasi belajar siswa
kelas VIII pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 9 Baubau. Uji t (t-hitung ) 8,409,
maka dapat di simpulkan bahwa ada pengaruh kompentensi guru dalam pembelajaran
IPS terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 9
Baubau. Untuk uji reliabilitas instrument variabel X di dapatkan hasil r = 0,900. Hal ini
menunjukan bahwa tingkat reliabilitas instrument termasuk sanga ttinggi. Nilai rata-rata
yaitu 75,10 serta r table dengan memperhatikan besarnya = 0,75 yang bekisar antara
0.600 – 0.799 berarti ada korelasi antara variabel X dan variabel Y dan itu termasuk
korelatif positif yang tinggi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdulrahman, Mulyono. 2010. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta:

Bumi Aksara.

Arif Gunarso. 1993. prestasi belajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. 1995. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Azwar, Saifudin. 1986. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Djamarah, S.B. 2011. Prestasi belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya. Usaha

Nasional

Gerungan. 2004. Psikologi Pengajaran. Jakarta. grasindo

Haditomo & Siti Partini. 1980. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. PTBPK gunung

mulia

Hasan,H. 2008. Evaluasi Kurikulum. Bandung: Rosdakarya

Jihad, Asep dan Haris Abdul. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta. Multi

Perssindo

Monica, Lan. 2007. prestasi belajar. Jakarta: Bumi Aksara

Nasution. 1978. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Dan Mengajar. Jakarta

Bina Aksara

Purwanto. 1991. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta. Multi Perssindo

Raka Joni. 1984. Strategi Belajar Mengajar Suatu Tinjauan Pengantar. Jakarta.

P2LPTK

Ramly. 2006. Bahan Ajar Mata Kuliah Evaluasi Pengajaran ( Suatu Pendekatan

Praktir ). Kendari: FKIP UNHALU

Rustaman. 2009. Evaluasi Kurikulum. Bandung: Rosdakarya

Silverius. 1991. Evaluasi Pembelajaran. Surabaya. Usaha Nasional

Siregar, Syofian. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif dilengkapi denganPerbandingan

Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Kencana PrenadaMedia Group

Slameto. 2010. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta. Bina

Aksara

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif dan

R & D. Bandung: Alfabeta

Pidarta, . 1999. Pemikiran tentang Supervisi Pendidikan. Jakarta: PT. Bina Aksara

Prasetyo , 2007. Mencari Strategi Pengembangan Pendidikan Nasional Menjelang

Abad XXI.Jakarta: Grasindo

Sangidu. R. 2004. Konsep Metode Pembelajaran dan Pendidikan. Jakarta. Kalam Mulia

Sudirman. B. 1987. Metode Pembelajaran Tanya Jawab. Jakarta. Kalam Mulia

Sukmadinata, Nana Syaodih, 2007. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: PT

Remaja Rosda Karya

Sudjana, Nana. 2005. Metode Pembelajaran IPS. Bandung. PT. Remaja Rosda Karya

Usman,M. Uzer,2006. Menjadi GuruProfesional,Bandung. PT. RemajaRosdaKarya.

Wijaya, C. Dan Rusyan A.T, 1994. Kemampuan Dasar Guru dalam Proses Belajar

Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Downloads

Published

2021-09-21

Issue

Section

Articles