PENGARUH KOMPENTENSI GURU IPS DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 9 BAUBAU
Keywords:
-Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah pengaruh kompentensi guru dalam
pembelajaran IPS terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS di
SMP Negeri 9 Baubau. Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui
apakah ada pengaruh pengaruh kompentensi guru dalam pembelajaran IPS terhadap
prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 9 Baubau
Pengumpulan data dalam penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode
penelitian kuanlitatif yang memiliki tiga tahap kerja yaitu: (a) observasi, (b) dokumen,
dan (c) Quesioner. Waktu dan Tempat Penelitian ini dilakukan Tahun ajaran 2020/2021
di SMP Negeri 9 Baubau. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh jumlah siswa
kelas VIII 1 berjumlah 54 dan kelas VIII 2 berjumlah 59 maka total populasi
Berjumlah 113 orang siswa . Sampel penelitian ini dengan menggunakan teknik random
sampling ( sampel acak ) dimana kelas VIII 1 ditarik sampel berjumlah 28 dan kelas
VIII 2 ditarik sampel berjumlah 29, jadi sampel sebesar 50% maka jumlah sampel yang
di teliti berjumlah 57 orang siswa. Instrumen observasi dan angket .
Hasil penelitian dianalisis secara kuantitatif dengan umus product moment.
Berdasarkan hasil yang diperoleh, nilai koofisien korelasi (r) sebesar 0,75 sedangkan
nilai determinasinya (
) sebesar 0,5625. Ujivaliditas 0,998 dapat di simpulkan bahwa
ada pengaruh kompentensi guru dalam pembelajaran IPS terhadap prestasi belajar siswa
kelas VIII pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 9 Baubau. Uji t (t-hitung ) 8,409,
maka dapat di simpulkan bahwa ada pengaruh kompentensi guru dalam pembelajaran
IPS terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 9
Baubau. Untuk uji reliabilitas instrument variabel X di dapatkan hasil r = 0,900. Hal ini
menunjukan bahwa tingkat reliabilitas instrument termasuk sanga ttinggi. Nilai rata-rata
yaitu 75,10 serta r table dengan memperhatikan besarnya = 0,75 yang bekisar antara
0.600 – 0.799 berarti ada korelasi antara variabel X dan variabel Y dan itu termasuk
korelatif positif yang tinggi
Downloads
References
Abdulrahman, Mulyono. 2010. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta:
Bumi Aksara.
Arif Gunarso. 1993. prestasi belajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, S. 1995. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Azwar, Saifudin. 1986. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Djamarah, S.B. 2011. Prestasi belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya. Usaha
Nasional
Gerungan. 2004. Psikologi Pengajaran. Jakarta. grasindo
Haditomo & Siti Partini. 1980. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. PTBPK gunung
mulia
Hasan,H. 2008. Evaluasi Kurikulum. Bandung: Rosdakarya
Jihad, Asep dan Haris Abdul. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta. Multi
Perssindo
Monica, Lan. 2007. prestasi belajar. Jakarta: Bumi Aksara
Nasution. 1978. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Dan Mengajar. Jakarta
Bina Aksara
Purwanto. 1991. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta. Multi Perssindo
Raka Joni. 1984. Strategi Belajar Mengajar Suatu Tinjauan Pengantar. Jakarta.
P2LPTK
Ramly. 2006. Bahan Ajar Mata Kuliah Evaluasi Pengajaran ( Suatu Pendekatan
Praktir ). Kendari: FKIP UNHALU
Rustaman. 2009. Evaluasi Kurikulum. Bandung: Rosdakarya
Silverius. 1991. Evaluasi Pembelajaran. Surabaya. Usaha Nasional
Siregar, Syofian. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif dilengkapi denganPerbandingan
Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Kencana PrenadaMedia Group
Slameto. 2010. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta. Bina
Aksara
Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif dan
R & D. Bandung: Alfabeta
Pidarta, . 1999. Pemikiran tentang Supervisi Pendidikan. Jakarta: PT. Bina Aksara
Prasetyo , 2007. Mencari Strategi Pengembangan Pendidikan Nasional Menjelang
Abad XXI.Jakarta: Grasindo
Sangidu. R. 2004. Konsep Metode Pembelajaran dan Pendidikan. Jakarta. Kalam Mulia
Sudirman. B. 1987. Metode Pembelajaran Tanya Jawab. Jakarta. Kalam Mulia
Sukmadinata, Nana Syaodih, 2007. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: PT
Remaja Rosda Karya
Sudjana, Nana. 2005. Metode Pembelajaran IPS. Bandung. PT. Remaja Rosda Karya
Usman,M. Uzer,2006. Menjadi GuruProfesional,Bandung. PT. RemajaRosdaKarya.
Wijaya, C. Dan Rusyan A.T, 1994. Kemampuan Dasar Guru dalam Proses Belajar
Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Sejarah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.