PENGARUH POLA BIMBINGAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMIC COVID 19 KELAS VIII SMP NEGERI 4 BAUBAU
Keywords:
pengaruh, pola, bimbingan, orang, tuaAbstract
Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pola bimbingan orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada masa pandemic covid 19 kelas VIII SMP Negeri 4 Baubau. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh pola bimbingan orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada masa pandemic covid 19 kelas VIII SMP Negeri 4 Baubau.
penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis penelitian korelasional. Populasi yang dimaksud dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII pada sekolah SMP Negeri 4 Baubau sebanyak Orang 345 orang.Sampel penelitian ini dengan menggunakan teknik trandom sampling atau sampel acak kelas VIII dengan jumlah 109 orang siswa. Instrument dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini observasi, angket, dan dokumen
Hasil penelitian adalah 1) hasil rumus product moment.( r) sebesar 0,67. 2) nilai determinasinya ( r² ) sebesar 44,89 yang di bulatkan 45 % dan selebihnya yang 55% dipengaruhi oleh faktor lain. 3) Uji t ( t-hitung ) sebesar 9,335. 4) Nilai rata-rata / mean yaitu 65,05, nilai median adalah data nilai urutan ke – 55 yaitu 66 dan nilai modus adalah 66. 5) Uji Validitas 0,992, dan 6) uji uji reiabilitas instrument variabel X di dapatkan hasil r11 = 0,891. Hal ini menujukkan bahwa tingkat reliabilitas instrument termasuk sangat tinggi dapat di simpulkan bahwa Ada Pengaruh pola bimbingan orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada masa pandemic covid 19 kelas VIII SMP Negeri 4 Baubau. maka dapat di simpulkan bahwa ada Pengaruh pola bimbingan orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada masa pandemic covid 19 kelas VIII SMP Negeri 4 Baubau. r table dengan memperhatikan besarnya = 0,67 yang berkisar antara 0.600 - 0,799berarti ada korelasi antara variabel X dan variabel Y dan itu termasuk kerelasi positif yang tinggi
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. Baharuddin dkk. 2007. Teori Belajar, Rajawali Pers, Jakarta
___2010. Pendidikan dan Psikologi Perkembangan, Ar-ruzz Media, Jogjakarta
Chasanatin, 2010. Norma-Norma Pembelajaran. Graha Puspa. Yogyakarta
Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2008. Kamus Besar Bahasa IndonesiaEdisi IV. Jakarta 2008. Kurikulum dan Pembelajaran.Jakarta: Bumi Aksara.
Sardiman. 2009. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Rajawali Pers, Jakarta. Hasan, Abdul. 2013. Model – Model Pembelajaran Kuantitatif. Bandung:Alfabeta Karwati, dkk. 2015. Konsep Gairah Belajar. Rajawali Pers, Jakarta
Lestari, Dewi. 2013. Perkembangan Kompetensi Anak. Jakarta:Indeks
Moedjiarto. 2002. Sekollah Unggulan Pendidikan Partisipator denganPendekatan Sistem. Surabaya. Duta Graha Pustaka.
Purwanto, 1987. Konsep Prestasi Belajar. Jakarta:Indeks
Puspitasari, D.B. (2012). Hubungan antara Persepsi Terhadap Iklim Kelas dengan Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 1 Bancak. Yogyakarta: Jurnal Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan
Uno, Sahaluddin. 2013. Dampak Prestasi Belajar Dalam Kurikulum. Rajawali Pers, Jakarta
Suntana. 2015. Etika Pendidikan Anak. Jakarta : Rineka Cipta
Slameto. 2010. Belajar & Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya.Jakarta: Rineka Cipta
Sunaryo, 1983. Konsep Prestasi Belajar. Jakarta:Indeks
Sudjana, 1990. Penilaian dalam Kurikulum Pembelajaran. Bandung:Alfabeta
Syah, Muhibin. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Graha Puspa. Yogyakarta
Uno, Hamzah B. (2012). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Sejarah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.