Pengaruh Kunjungan Guru Di Rumah Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Sejarah Di SMA Negeri 2 Baubau
Keywords:
pengaruh, kunjungan, guruAbstract
Masalah dalam penelitian ini adalah Pengaruh Kunjungan Guru Di Rumah Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Sejarah Di SMA Negeri 2 Baubau. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa Ada Pengaruh Kunjungan Guru Di Rumah Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Sejarah Di SMA Negeri 4 Baubau.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh jumlah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Baubau yang 432 orang siswa.Sampel penelitian ini dengan menggunakan teknik trandom sampling atau sampel acak kelas XI dengan jumlah 109 orang siswa. Instrument penelitian observasi, wawancara, angket/Quesioner dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini observasi, wawancara dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu rumus product moment, uji t, mean, median, modus, uji validitas, dan uji reliabilitas
Hasil penelitian adalah 1) hasil rumus product moment.( r) sebesar 0,54. 2) nilai determinasinya ( r² ) sebesar 29,16 yang di bulatkan 30 % dan selebihnya yang 70 % dipengaruhi oleh faktor lain. 3) Uji t ( t-hitung ) sebesar 6,636. 4) Nilai rata-rata / mean yaitu 55,81, nilai median adalah data nilai urutan ke – 55 yaitu 54 dan nilai modus adalah 45. 5) Uji Validitas 0,988, dan 6) uji uji reiabilitas instrument variabel X di dapatkan hasil r11 = 0,863. Hal ini menujukkan bahwa tingkat reliabilitas instrument termasuk sangat tinggi dapat di simpulkan bahwa Ada Pengaruh Kunjungan Guru Di Rumah Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Sejarah Di SMA Negeri 2 Baubau. maka dapat di simpulkan bahwa ada Pengaruh Kunjungan Guru Di Rumah Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Sejarah Di SMA Negeri 2 Baubau. r table dengan memperhatikan besarnya = 0,54 yang berkisar antara 0.400 - 0,599 berarti ada korelasi antara variabel X dan variabel Y dan itu termasuk kerelasi positif yang sedang
Downloads
References
Ana Tri Lestari. 2006. Pengaruh Motivasi Belajar dan Kedisiplinan Siswa Dalam Mengerjakan Pekerjaan Rumah Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi PadaSiswa Kelas XI Jurusan Akuntansi SMK N 1 Wonogiri Tahun 2006/2007.Skripsi: FKIP Universitas Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Andi Prastowo. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inofatif. Yogyakarta. Diva Press
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik) Edisi Revisi VI. Jakarta : PT Asdi Mahasatya.
Azwar, Saifudin. 1986. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Cece Wijaya. 1994. Kemampuan Dasar Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung. Remaja Resda Karya
Chatarina Tri Anni. 2004. Psikologi Belajar. Semarang. UPT MKK
Dewa Ketut Sukardi& Sunarya. 1983. Evaluasi Pembelajaran.Bandung. PT Remaja Rosda Karya
Djamarah. 2000.StrategiBelajar Mengajar. RinekaCipta. Jakarta
Hadari Nawawi. 1998. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta. Gadjah Mada University Press
Hadi, Abdul. 2016. Nilai-nilai Pendidikan Keluarga dalam UU No.23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak. An-Nisa. (Online), IX (2) : 101-121, (http://e-jurnal.stainwatampone.ac.id/index.php/annisa/article/viewFile/189/183)
Hamalik, (2011), Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Lestari, Sri. (2012). Psikologi Keluarga: Penanaman Nilai dan Penanganan Konflik. Dalam Keluarga. Jakarta: Kencana
Muhibin, Syah. 2006. Psikolobi belajar. PT. Raja Grapindo Persada. Jakarta
Mudjiono. 2006.Belajar dan Pembelajaran. Jakarta ; Renika Cipta
Nadzir, Moh. 2003. Metodologi Penelitian, Jakarta: Ghalia Indonesia
Prayitni. 2017. Studi Sosiopragatik. Surakarta. Muhammadiyah University Press
Ramly. 2006. Bahan Ajar Mata Kuliah Evaluasi Pengajaran ( Suatu Pendekatan Praktir ). Kendari: FKIP UNHALU.
Riyanto, Yatim. 2001. Paradigma Baru Pembelajaran. Kencana. Jakarta.
Redja Mudyahardjo. 2001. Pengantar Pendidikan. Jakarta. Raja Grafindo Persada
Ruseffendi. 2005. Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito
Siang, Jong Jek. (2000). Matematika Diskrit dan Aplikasinya Pada Ilmu Komputer. Yogyakarta
Siregar, Syofian. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif dilengkapi denganPerbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Kencana PrenadaMedia Group
Sukardi. (2011).Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi
Sumadi Suryabrata. 1987.Tes Prestasi, Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Sutratinah Tirtonegoro. 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya : Usaha Nasional.
Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Pendidikan Bisnis. Bandung: Alfabeta
Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar.Jakarta: Rineka Cipta
Tirtarahardja. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta
Tulus Tu’u. 2004. Peran Disiplin Pada Prilaku dan Prestasi Siswa, Jakarta:Grasindo
Winkel, W.S. 2009. Psikologi Pengajaran. Gramedia. Jakarta
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Sejarah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.