PROBLEMATIKA GURU DALAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI 1 KULISUSU BARAT (STUDI KASUS DI SMA NEGERI 1 KULISUSU BARAT KABUPATEN BUTON UTARA)

Authors

  • Munawir

Keywords:

Probematika, , Guru,, Dalam,, Pengelolaan,, Pembelajaran,, Di SMA,, Negeri,, 1 Kulisusu Barat,

Abstract

ABSTRAK

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana pelaksanaan kegiatan pembelajaran di SMA Negeri 1 Kulisusu Barat, (2) apa problematika dalam pengelolaan pembelajaran di SMA Negeri 1 Kulisusu Barat, (3) bagaimana upaya guru dalam mengatasi problematika guru dalam pengelolaan pembelajaran di SMA Negeri 1 Kulisusu Barat dan (4) apakah solusi dari dampak problematika dalam pengelolaan pembelajaran di SMA Negeri 1 Kulisusu Barat. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pelaksanaan kegiatan pembelajaran di SMA Neeri 1Kulisusu Barat, (2) problematika guru dalam pengelolaan pembelajaran di SMA Negeri 1 Kulisusu Barat, (3) upaya guru dalam mengatasi problematika guru dalam pengelolaan pembelajaran di SMA Negeri 1 Kulisusu Barat dan (4) solusi dari dampak problematika dalam pengeloaan pembelajaran di SMA Negeri 1 Kulisusu Barat.

Pengumpulan data dalam penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif yang memiliki tahap kerja yaitu: (a) wawancara,(b) observasi, dan (c) dokumentsi. Data yang diperoleh dianalisis dengan reduksi data, paparan dan kesimpulan.

Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa problematika guru dalam pengelolaan pembelajaran di SMA Negeri 1 Kulisusu Barat adalah guru yang seharusnya mengajar sesuai dengan keahlian dan jurusannya diperguruan tinggi harus mengajar mata pelajaran lain yang tidak sesuai dengan jurusannya di perguruan tinggi karena kekurangan guru. Hal ini dilakukan karena untuk menutupi kekurangan guru di SMA Negeri 1 Kulisusu Barat. Selain itu problematika lain yaitu kebanyakan guru yang ada di SMA Negeri 1 Kulisusu Barat adalah GTT atau Guru Tidak Tetap, dari beberapa guru tersebut hanya 5 orang guru PNS. Selain jumlah guru PNS yang minim yang menjadi kendala lain adalah letak sekolah SMA Negeri 1 Kulisusu Barat yang jauh dari ibu kota kabupaten dan kurangnya SDM khususnya alumni sarjana pendidikan di wilayah Kecamatan Kulisusu Barat sehingga menyebabkan kurangnya tim pengajar di SMA Negeri 1 Kulisusu Barat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardhaniswara. 2017, Problematika Guru Dalam Pengelolaan Kelas Pada Pembelajaran Sejarah Kelas X di SMK Negeri 7 Malang.Skripsi Universitas Malang.

Dwi Adi. Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Surabaya: Fajar Mulya Surabaya,

, hlm 339

Fatmawati Raslia. 2016. Analisis Kesulitan Guru Dalam Mengajar IPS Terpadu di SMP Negeri 1 Kulisusu Barat. Skripsi Baubau Universitas Dayanu Ikhsanuddin.

Hamalik Oemar. 2014. Media Pendidikan Bandung : PT Citra Abditya Bakti.

Hamid Darmadi. 2010. Keterampilan Dasar Mengajar, Landasan Konsep dan Implementasi, (Bandung : Alfabeta).

https://dosenmuslim.com/pendidikan/problematika-guru/amp/.

Mariyana, Rita, DKK. 2010. Pengelolaan Lingkungan Belajar. Kencana Prenada Media Grup. Jakarta.

Muri Yusuf. Pengantar Ilmu Pendidikan 1, (Jakarta : Ghalia Indonesia, 1986), hlm. 53-54

Nur Ikhlas Tahir. 2021. Kompetensi Profesional Guru Dalam Mata Peajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Talaga Raya Kabupaten Buton Tengah. Skripsi Baubau Universitas Dayanu Ikhsanuddin.

Rohani, A. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Rusman. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, (Jakarta: Rajawali Pers, 2011), hlm.78.

Syaiful Bahri Djamurah. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif (Jakarta : Rineka Cipta, 2005) hlm.126-127.

Widodo, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta Absolut, 2002), hlm. 597

Zaenuddien, Ricky. 2012. Masalah dan Upaya Pemecahan Masalah Dalam Pengelolaan Pembelajaran.

Downloads

Published

2022-08-15

Issue

Section

Articles