Pengaruh Ulangan Harian Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Sejarah Di SMA Negeri 2 Baubau

Authors

  • AMALUDDIN

Keywords:

Pengaruh, Ulangan, Harian, Terhadap, Prestasi, Belajar, Siswa, Kelas, XI Pada, Mata, Pelajaran, Sejarah, Di SMA, Negeri, 2 Baubau

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah Pengaruh Ulangan Harian Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Sejarah Di SMA Negeri 2 Baubau.  Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk mengetahui apa Ada Pengaruh Ulangan Harian Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Sejarah Di SMA Negeri 4 Baubau. 

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis penelitian korelasional.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh jumlah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Baubau yang 432 orang siswa.Sampel penelitian ini dengan menggunakan teknik trandom sampling atau sampel acak kelas XI dengan jumlah 109 orang siswa. Instrument penelitian observasi, wawancara, angket/Quesioner dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini observasi, wawancara dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu rumus product moment, uji t, mean, median, modus, uji validitas, dan uji reliabilitas

Hasil  penelitian  adalah 1) hasil rumus product moment.( r) sebesar 0,80. 2) nilai determinasinya ( r² ) sebesar 0,64 yang di bulatkan 64 % dan selebihnya yang 36 % dipengaruhi oleh faktor lain. 3) Uji t ( t-hitung ) sebesar 1,376. 4)Nilai rata-rata / mean yaitu 55,75, nilai median adalah data nilai urutan ke – 55 yaitu 45 dan nilai modus adalah 45. 5) Uji Validitas 0,865, dan 6) uji uji reiabilitas instrument variabel X di dapatkan hasil r11 =  0,863.  Hal ini menujukkan bahwa tingkat reliabilitas instrument termasuk sangat tinggi dapat di simpulkan bahwa Ada Pengaruh i Ulangan Harian Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Sejarah Di SMA Negeri 2 Baubau. maka dapat di simpulkan bahwa ada Pengaruh Ulangan Harian Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Sejarah Di SMA Negeri 2 Baubau.  r table dengan memperhatikan besarnya  = 0,80 yang berkisar antara 0.800 - 1,000 berarti ada korelasi antara variabel X dan variabel Y dan itu termasuk kerelasi positif yang sangat tinggi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ana Tri Lestari. 2006. Pengaruh Motivasi Belajar dan Kedisiplinan Siswa Dalam Mengerjakan Pekerjaan Rumah Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi PadaSiswa Kelas XI Jurusan Akuntansi SMK N 1 Wonogiri Tahun 2006/2007.Skripsi: FKIP Universitas Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Andi Prastowo. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inofatif. Yogyakarta. Diva Press

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik) Edisi Revisi VI. Jakarta : PT Asdi Mahasatya.

Azwar, Saifudin. 1986. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Cece Wijaya. 1994. Kemampuan Dasar Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung. Remaja Resda Karya

Chatarina Tri Anni. 2004. Psikologi Belajar. Semarang. UPT MKK

Dewa Ketut Sukardi& Sunarya. 1983. Evaluasi Pembelajaran.Bandung. PT Remaja Rosda Karya

Djamarah. 2000.StrategiBelajar Mengajar. RinekaCipta. Jakarta

Hadari Nawawi. 1998. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta. Gadjah Mada University Press

Hadi, Abdul. 2016. Nilai-nilai Pendidikan Keluarga dalam UU No.23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak. An-Nisa. (Online), IX (2) : 101-121, (http://e-jurnal.stainwatampone.ac.id/index.php/annisa/article/viewFile/189/183)

Hamalik, (2011), Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Lestari, Sri. (2012). Psikologi Keluarga: Penanaman Nilai dan Penanganan Konflik. Dalam Keluarga. Jakarta: Kencana

Muhibin, Syah. 2006. Psikolobi belajar. PT. Raja Grapindo Persada. Jakarta

Mudjiono. 2006.Belajar dan Pembelajaran. Jakarta ; Renika Cipta

Nadzir, Moh. 2003. Metodologi Penelitian, Jakarta: Ghalia Indonesia

Prayitni. 2017. Studi Sosiopragatik. Surakarta. Muhammadiyah University Press

Ramly. 2006. Bahan Ajar Mata Kuliah Evaluasi Pengajaran ( Suatu Pendekatan Praktir ). Kendari: FKIP UNHALU.

Riyanto, Yatim. 2001. Paradigma Baru Pembelajaran. Kencana. Jakarta.

Redja Mudyahardjo. 2001. Pengantar Pendidikan. Jakarta. Raja Grafindo Persada

Ruseffendi. 2005. Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito

Siang, Jong Jek. (2000). Matematika Diskrit dan Aplikasinya Pada Ilmu Komputer. Yogyakarta

Siregar, Syofian. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif dilengkapi denganPerbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Kencana PrenadaMedia Group

Sukardi. (2011).Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi

Sumadi Suryabrata. 1987.Tes Prestasi, Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sutratinah Tirtonegoro. 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya : Usaha Nasional.

Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Pendidikan Bisnis. Bandung: Alfabeta

Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar.Jakarta: Rineka Cipta

Tirtarahardja. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta

Tulus Tu’u. 2004. Peran Disiplin Pada Prilaku dan Prestasi Siswa, Jakarta:Grasindo

Winkel, W.S. 2009. Psikologi Pengajaran. Gramedia. Jakarta

Downloads

Published

2022-08-15

Issue

Section

Articles