RAGAM PRAKTIK UPACARA DALAM TRADISI MASYARAKAT BUTON

Authors

  • La Ode Abdul Munafi

Keywords:

Praktik, Upacara, Masyarakat, Buton

Abstract

Artikel ini mendeskripsikan ragam praktik upacara dalam tradisi masyarakat Buton. Sebagaimana masyarakat lainnya, masyarakat Buton memiliki ragam praktik upacara yang berhubungan dengan aspek-aspek tertentu kehidupan mereka. Ragam praktik upacara dimaksud meliputi upacara-upacara yang berhubungan lingkaran hidup manusia, upacara-upacara keagamaan, upacara pertanian, upacara laut, upacara pembangunan rumah, dan upacara ziarah. Selain berfungsi sebagai media permohonan kepada Tuhan untuk berbagai keperluan, ragam praktik upacara tersebut juga menjadi instrumen yang fungsional dalam mempererat hubungan antar warga masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anceaux, J.C., 1987. Wolio Dictionary; Wolio–English–Indonesian. KITLV, Foris Publications Holland. Dordrecht –Holland/Providence –USA.

Munafi, La Ode Abdul, 2011. Sistem Kekerabatan dalam Kebudayaan Wolio, dalam “Menafsir Ulang Sejarah dan Budaya Buton” editor M. Mu’min Fahimuddin. Baubau, Respect.

Munafi, La Ode Abdul (dkk), 2015. Kebudayaan Buton. Makassar. Penerbit Identitas Unhas dan Bappeda Kota Baubau.

Munafi, La Ode Abdul, 2017. Merawat Kebhinekaan, Menguatkan Integrasi Bangsa; Tinjauan Antropologis tentang Ideologi Multikulturalisme dalam Kearifan Buton, “Orasi Ilmiah” disampaikan pada Upacara Dies Natalis ke-35 dan Wisuda Sarjana ke-35 dan Pascasarjana ke-15 Universitas Dayanu Ikhsanuddin Baubau, 9 Juli 2017.

Schoorl, Pim (JW), 2003. Masyarakat, Sejarah, dan Budaya Buton. Jakarta. Penerbit Jambatan-Perwakilan KITLV.

Utami, Tri Niswati dan R.A. Harahap, 2019. SosioAntropologi Kesehatan; Integrasi Budaya dan Kesehatan. Jakarta: Prenada Media Group.

Wahiddin, L.M., dkk, 2003. Upacara Siklus Hidup (Life Cycle) Manusia dalam Kebudayaan Wolio (Buton). Baubau. Dinas Pendidikan dan Dinas Parsenibud Kota Baubau

Zahari, A.M. Mulku, 1977/1978. Sejarah dan Adat Fiy Darul Butuni. Jakarta. Depdikbud.

Zahari, A.M. Mulku, 1981. Adat dan Upacara Perkawinan Wolio. Jakarta: Penerbit Depdikbud.

Downloads

Published

2022-08-15 — Updated on 2022-08-15

Versions

Issue

Section

Articles