Dramaturgi Generasi Muda Dalam Aktifitas Game Online Studi Di Kelurahan Mandati 1 Kecamatan Wangi-Wangi Selatan Kabupaten Wakatobi

Authors

  • Juli Muhammad Program Studi Sosiologi, Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Wa Ode Rohmiati Mandati
  • La Ode Muhammad Rauda Agus Udana Manarfa Program Studi Sosiologi, Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/jsm.v1i2.1634

Keywords:

Dramaturgi, Game Online, Generasi Muda, Interaksi Sosial

Abstract

Penelitian ini berfokus pada bagaimana generasi muda di Kelurahan Mandati 1, Wangi-Wangi Selatan, Wakatobi, menjalani kehidupan mereka di dunia game online. Menggunakan teori dramaturgi dari Erving Goffman, penelitian ini menggali cara para pemain membangun dan memainkan peran mereka, baik di dunia maya maupun di dunia nyata. Pendekatan yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, dengan data yang dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan studi pustaka. Temuan penelitian ini mengungkap bahwa game online tidak hanya menjadi sarana hiburan, tetapi juga alat bagi generasi muda untuk mengekspresikan identitas sosial mereka. Dalam bermain, mereka menampilkan peran yang berbeda antara "panggung depan" dan "panggung belakang" tergantung pada situasi. Meskipun game online dapat meningkatkan keterampilan sosial dan kreativitas, ada juga sisi negatif seperti kecanduan dan penggunaan bahasa kasar. Penelitian ini memberikan perspektif baru tentang dinamika sosial dalam interaksi virtual di kalangan generasi muda.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arif. (2023). Dramaturgi generasi muda dalam aktifitas game online studi di kelurahan mandati 1 kecamatan wangi-wangi selatan kabupaten wakatobi. (M. Juli, Interviewer) Baubau: Prodi Sosoiologi Unidayan (SKRIPSI).

Arsini, Y., Yani, R., & Nazwa, S. (2023, September). Pengaruh Game Online Terhadap Perilaku Sosial Pada Siswa. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 2(3).

Batistuta, G. (2021). https://www.kompasiana.com/giobatistuta1375/5d3903830d82307e0b5aee85/mari-mengenal-tentang-apa-itu-moba#google_vignette.

DiFrancisco Donoghue, J., Heras, B. D., Li, O., Middleton, J., & Jung, M.-K. (2023). Gaming in Pandemic Times: An International Survey Assessing the Effects of COVID-19 Lockdowns on Young Video Gamers’ Health. Int J Environ Res Public Health, 20(19).

Dolezal, L. (2015). The phenomenology of self-presentation: describing the structures of intercorporeality with Erving Goffman. Phenomenology and the Cognitive Sciences , 16.

Erascape. (2023). https://eraspace.com/artikel/post/mengenal-sejarah-game-fps-yang-semakin-populer-dimainkan.

finalfantasyxiv. (2023). https://na.finalfantasyxiv.com/jobguide/battle/. Retrieved from https://na.finalfantasyxiv.com/.

Hoekstra, K. (2021). https://www.historyhit.com/gaming/what-is-an-rts-game-a-guide-to-real-time-strategy/#:~:text=A%20real%2Dtime%20strategy%20(RTS,dominate%20a%20field%20of%20play.

Miles, J., & Haberman, P. (2001). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: UI.

Mirabella, & Tiatri, S. (2023). An Overview Of Online Game Addiction Among Indonesian Early Adulthood During The Covid-19 Pandemic. International Journal of Application on Social Science and Humanities, 1(2).

Oktoberiska, A. (2023). Dramaturgi generasi muda dalam aktifitas game online studi di kelurahan mandati 1 kecamatan wangi-wangi selatan kabupaten wakatobi. (M. Juli, Interviewer) Baubau.

Pratiwi, P. C., Andayani, T. R., & Karyanta, N. A. (2012). Perliaku Adikis Game Online Ditinjau Dari Efikasi Diri Akademik, dan Keterampilan Sosial Pada Remaja di Surakarta. Jurnal Ilmiah Psikologi Candrajiwa, 1(2).

Ramadhan, Y. (2023). Dramaturgi generasi muda dalam aktifitas game online studi di kelurahan mandati 1 kecamatan wangi-wangi selatan kabupaten wakatobi. (M. Juli, Interviewer)

Schwalbe, M. (2016). Situation and Structure in the Making of Selves. In The Drama of Social Life : A Dramaturgical Handbook. New York, USA: Routledge.

Sugiyono. (2010). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Ulya, L., Sucipto, & Fatuhurohman, I. (2021). Analisis Kecanduan Game Online Terhadap Kepribadian Sosial Anak. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3).

Williams, J. P. (2016). Authenticity and the Dramaturgical Self. In The Drama of Social Life : A Dramaturgical Handbook. New York: Routledge.

Wilson, J. L., & Minor, J. (2023). https://www.pcmag.com/picks/the-best-battle-royale-games. Retrieved from https://www.pcmag.com.

WoW. (2004). https://images-cdn.fantasyflightgames.com/ffg_content/WoWAG/WoW_AG_Rules_web.pdf. Retrieved from https://worldofwarcraft.blizzard.com/.

Ytreberg, E. (2002). Erving Goffman as a theorist of the mass media. Critical Studies in Media Communication, 19(4).

Downloads

Published

2024-01-31

Issue

Section

Articles