Strategi Adaptasi Ojek Pangkalan Dalam Mempertahankan Pelanggan Ditengah Maraknya Transportasi Online Di Kelurahan Tanganapada Kota Baubau

Authors

  • Jabar Jabar Program Studi Sosiologi, Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • La Parasit La Parasit Program Studi Sosiologi, Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/jsm.v2i1.1645

Keywords:

Ojek Pangkalan, Transportasi Online, Strategi Adaptasi

Abstract

Penelitian ini membahas bagaimana tukang ojek pangkalan di Kelurahan Tanganapada, Kota Baubau, berusaha mempertahankan pelanggan mereka di tengah maraknya transportasi online. Perubahan teknologi dan kemunculan layanan berbasis aplikasi seperti Maxim dan Kururio telah membawa tantangan besar bagi ojek pangkalan yang sebelumnya menjadi pilihan utama masyarakat. Melalui wawancara dan observasi langsung, penelitian ini menemukan bahwa tukang ojek pangkalan menerapkan beberapa strategi penting untuk tetap bersaing. Mereka memperpanjang jam kerja, memperluas jaringan dengan membagikan nomor kontak dan media sosial, serta menyesuaikan tarif agar lebih kompetitif dengan layanan online. Faktor seperti perubahan preferensi pelanggan, persaingan dengan transportasi online, dan kenaikan harga bahan bakar juga mempengaruhi strategi mereka. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa meskipun ojek pangkalan menghadapi tekanan berat dari layanan online dan biaya operasional yang tinggi, mereka tetap berusaha untuk mempertahankan pelanggan melalui pendekatan yang adaptif. Penelitian ini memberikan wawasan berharga tentang bagaimana ojek pangkalan dapat beradaptasi dengan perubahan pasar dan tetap relevan di era digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amrin. (2023). Strategi Adaptasi Ojek Pangkalan Dalam Mempertahankan Pelanggan Ditengah Maraknya Transportasi Online Di Kelurahan Tanganapada Kota Baubau. (Jabar, Interviewer) Wawancara Peneliti.

Arla, B. Y., Efendi, A., & Hajia, M. C. (2022). Analisis Pemilihan Moda Transportasi Berbasis Online dan Konvensional di Kota Baubau. SCEJ (Shell Civil Engineering Journal), 7(1).

Cook, K. S., & Gerbasi, A. (2007). George C. Homans: History, Theory, and Method. In K. S. Cook, A. Gerbasi, & A. J. Treviño (Ed.), Homans and Emerson on Power. Routledge.

Dasrun, Hedi, & Jon. (n.d.). Strategi Adaptasi Ojek Pangkalan Dalam Mempertahankan Pelanggan Ditengah Maraknya Transportasi Online Di Kelurahan Tanganapada Kota Baubau.

Ferdila, M., & Anwar, K. (2021). Analisis Dampak Transportasi Ojek Online Terhadap Pendapatan Ojek Konvensional di Kota Jambi. IJIEB: Indonesian Journal of Islamic Economics and Business, 6(2).

Hedi. (2023). Strategi Adaptasi Ojek Pangkalan Dalam Mempertahankan Pelanggan Ditengah Maraknya Transportasi Online Di Kelurahan Tanganapada Kota Baubau. (Jabar, Interviewer) Baubau: Wawancara Peneliti.

Homans, G. C. (2009). The Research Act:A Theoretical Introduction to Sociological Methods. In N. K. Denzin (Ed.), Contemporary Theory in Sociology. Routledge.

Lisa, & Mariana, S. (2023). Strategi Adaptasi Ojek Pangkalan Dalam Mempertahankan Pelanggan Ditengah Maraknya Transportasi Online Di Kelurahan Tanganapada Kota Baubau. (Jabar, Interviewer) Wawancara Peneliti.

Molm, L. D. (2007). George C. Homans: History, Theory, and Method. In L. D. Molm, Homans’s Vision of Social Exchange. Routledge.

Muldoon, J., Liguori, E. W., Bendickson, J., & Bauman, A. (2018). Revisiting perspectives on George Homans: correcting misconceptions. Journal of Management History, 24(1).

Purwanto, A. C., Luthfi, A., & Arsal, T. (2018). Eksistensi Ojek Pangkalan Didalam Perkembangan Transportasi Berbasis Informasi Dan Teknologi. Solidarity, 7(1).

Ramadani, A., & Ramla. (2023). Strategi Adaptasi Ojek Pangkalan Dalam Mempertahankan Pelanggan Ditengah Maraknya Transportasi Online Di Kelurahan Tanganapada Kota Baubau. (Jabar, Interviewer) Wawancara Peneliti.

Sugiyono. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif Kuantitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Treviño, A. J. (2007). George C. Homans: History, Theory, and Method. In Introduction: The Sentiments and Activities of George C. Homans. Routledge.

Trifta, E., & wahyunigsih, L. (2023). Strategi Adaptasi Ojek Pangkalan Dalam Mempertahankan Pelanggan Ditengah Maraknya Transportasi Online Di Kelurahan Tanganapada Kota Baubau. (Jabar, Interviewer) Baubau: Wawancara Peneliti.

Usia, N. (2023). Strategi Adaptasi Ojek Pangkalan Dalam Mempertahankan Pelanggan Ditengah Maraknya Transportasi Online Di Kelurahan Tanganapada Kota Baubau. (Jabar, Interviewer) Baubau: Wawancara Peneliti.

Wahid, A., & Juwita, E. (2023). Strategi Adaptasi Ojek Pangkalan Dalam Mempertahankan Pelanggan Ditengah Maraknya Transportasi Online Di Kelurahan Tanganapada Kota Baubau. (Jabar, Interviewer) Baubau: Wawancara Peneliti.

Downloads

Published

2024-07-30

Issue

Section

Articles