Penerapan Pembelajaran Metode Tanya Jawab dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII.9 di SMP Negeri 4 Baubau

Authors

  • Murniati Murniati Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Risdianto Risdianto Universitas Dayanu Ikhsanuddin

Keywords:

Metode Tanya Jawab, Prestasi Belajar Siswa, Kota Baubau

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode bertanya dan menjawab dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VII.9 di SMPNegeri 4 Baubau. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan metode bertanya dan menjawab dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VII.9 SMP Negeri 4.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.9 yang berjumlah 30 Siswa. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes hasil belajar.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I persentase pelaksanaan mencapai 52,38% dan pada siklus II mencapai 72,02%. Pembelajaran metode bertanya dan menjawab dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dimana nilai rata-rata pada pretest adalah 66,5 dengan persentase 53 %, hasil evaluasi siklus I 70,16 dengan persentase 80%, dan hasil evaluasi siklus 2 77 dengan persentase 8%. Aktivitas guru dalam melaksanakan metode bertanya dan menjawab berhasil, terlihat dari hasil observasi yaitu pada siklus 1 prosentase pelaksanaan mencapai 62,5% dan pada siklus 2 mencapai 82,5%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode bertanya dan menjawab dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VII.9 SMP Negeri 4 Baubau.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dimyati and Mudjiono. 2002.Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah and Dkk. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Noveralia Eka andDkk. 2014. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Tanya Jawab Dalam pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Pontianak Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Untan.

Poerwanto. 1986. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2020-05-01