HUBUNGAN KOMPETENSI GURU EKONOMI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH ALIYAH KARAE KABUPATEN BUTON SELATAN

Authors

  • Murniati Murniati Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Muhammad Hakim Pribadi Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Yuli Yuli Universitas Dayanu Ikhsanuddin

Keywords:

Kompetensi Guru, Prestasi Belajar

Abstract

Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Dimana metode yang di gunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuatitatif. Variabel penelitian adalah Variabel independen dalam penelitian ini adalah kompetensi guru ekonomi. Pengukuran variabel kompetensi guru ekonomi menggunakan instrument kuesioner yang meliputi 4 dimensi kompetensi guru yaitu kompetensi pedagogik, professional, kepribadian dan sosial guru.Variabel dependen dalam penelitian ini adalah prestasi siswa yang akan diukur dengan teknik dokumentasi yaitu melihat nilai raport siswa tahun pelajaran 2020/2021.Populasi dan sampel adalah seluruh siswa kelas XI IPS Madarasah Aliyah Karae yang berjumlah 16 orang.Teknik Pengumpulan Data adalah angket/kuesioner, dokumentasi. Tehnik analisa data dengan menggunakan analisa statistik. Analisa statistik yang digunakan dalam hal ini adalah analisis regresi linear sederhana. Hasil Penelitian menunjukan bahwa hubungan kompetensi guru ekonomi terhadap prestasi belajar siswa, digunakan rumus analisis data dengan menggunakan output SPSS, maka diperoleh hasil persamaan regresi sebagai berikut: nilai konstanta (α) = 81,868, dan nilai (b) = -0,036. Sehingga di gambarkan melalui persamaan regresi linier Y = 81,868 + -0,036 X. Artinya bahwa setiap kenaikan atau penurunan satu skor kompetensi guru ekonomi maka akan di ikuti dengan kenaikan atau penurunan satu skor prestasi belajar siswa -0,036 pada konstanta 81,868. Berdasarkan data yang di dapatkan kemudian di olah melalui perhitungan statistik output SPSS dengan menggunakan rumus (r) product moment dan di peroleh hasil sebesar 0,032 artinya bahwa terdapat positif yang sangat rendah antara kompetensi guru ekonomi dengan prestasi belajar siswa sebesar 0,032. juga terjadi pada siklus II yaitu 85%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asmani, J. Ma’mur. 2009. 7 Kompetensi Guru Menyenangkan dan Profesional. Yogyakarta: Power Book (Ihdina).

Isjoni, 2009. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi antara Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Janawi. 2012. Kompetensi Guru: Citra Guru Profesional. Bandung: Alfabeta.

Janawi. 2010. Kompetensi Guru: Citra Guru Profesional. Bandung

Khodijah, Nyanyu. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

ustaqim. 2001. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Purwanto, Ngalim. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suyanto & Jihat, Asep. 2013. Menjadi Guru Profesional: Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. Jakarta: Esensi.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakata: Pustaka Pelajar.

Susana, Tjipto. 2006. PR dan Pelajaran Sulit Bisa Menyenangkan. Yogyakarta: Kanisius.

Downloads

Published

2021-11-15