The Penggunaan Metode Everyone is a Teacher Here untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Pasarwajo

Penulis

  • Fadila Umally Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • La Mido Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Sanaria Maneba Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/e2j.v7i2.1064

Kata Kunci:

Everyone is a teacher here, kemampuan berbicara

Abstrak

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan metode setiap orang adalah guru meningkatkan kemampuan speaking siswa di kelas sebelas SMK Negeri 1 Pasarwajo. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menemukan peningkatan yang signifikan pada kemampuan berbicara siswa menggunakan metode setiap orang adalah guru di bandingkan menggunakan metode yang biasa di kelas sebelas SMK Negeri 1 Pasarwajo. Penelitian ini menggunakan kuasi eksperimental dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua murid kelas sebelas SMK Negeri 1 Pasarwajo dengan total populasi 64 siswa. Penelitian ini menggunakan tekhnik sampel acak. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan  menggunakan instrumen penelitian berupa tes. Data di kumpulkan melalui pre-test, treatment, dan post-test. Pre-test dan post-test di berikan untuk mengetahui dan mengukur kemampuan siswa sebelum dan sesudah mendapatkan perlakuan.  Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasaarkan hasil penelitian peneliti memperoleh nilai mean pada pretest di kelas eksperimental adalah 46,66 dan nilai mean pada posttest di kelas eksperimental adalah 63,57. Nilai mean pada pretest di kelas kontrol adalah 45,57 dan nilai mean pada posttest di kelas kontrol adalah 45,85.nilai signifikan adalah 0.000 ,tcount lebih besar dari t-table (8.336>2.021). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan berbicara siswa menggunakan metode setiap orang adalah guru disini.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

S. Utami, “Pengaruh Kemampuan Berbicara Siswa melalui Pendekatan Komunikatif dengan Metode Simulasi pada Pembelajaran Bahasa Indonesia,” Likhitaprajna, vol. 18, no. 2, pp. 58–66, 2016.

J. Harmer, “How to teach English An Introduction to the practice of English Teaching: USA,” 1990.

N. Sudjana and A. Rivai, “Teknologi pengajaran,” 1989.

W. J. Brown and C. Lee, “Exercise and dietary modification with women of non-English speaking background: A pilot study with Polish-Australian women,” Int. J. Behav. Med., vol. 1, no. 3, pp. 185–203, 1994.

A. Burns, S. Gollin, and H. Joyce, “Authentic spoken texts in the language classroom.,” Prospect, vol. 12, no. 2, pp. 72–86, 1997.

W. Huang, “The relationship between communicative language teaching and university student communicative competence,” 2009.

A. Suprijono, Cooperative learning: teori & aplikasi PAIKEM. Pustaka Pelajar, 2009.

S. Rahayu, A. L. Chandrasegaran, D. F. Treagust, M. Kita, and S. Ibnu, “Understanding acid–base concepts: Evaluating the efficacy of a senior high school student-centred instructional program in Indonesia,” Int. J. Sci. Math. Educ., vol. 9, no. 6, pp. 1439–1458, 2011.

L. Elvionita, “Improving Students‟ Speaking Ability By Using Everyone Is Teacher Here Method,” USU, Medan, 2018.

M. Silberman, “101 strategi pembelajaran aktif,” Terjem. oleh Sarjuli, Ammar Adzfar, Sutrisno, dkk. Yogyakarta Pustaka Insa. Madani, 2009.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-11-15

Cara Mengutip

Umally, F., Mido, L., & Maneba, S. (2021). The Penggunaan Metode Everyone is a Teacher Here untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Pasarwajo. English Education Journal, 7(2), 87-100. https://doi.org/10.55340/e2j.v7i2.1064

Terbitan

Bagian

Articles