Studi Minat Membaca Siswa Melalui Cerita Lucu di SMP Negeri 18 Baubau
DOI:
https://doi.org/10.55340/e2j.v7i2.1065Kata Kunci:
cerita lucu, minat membacaAbstrak
Rumusan masalah berdasarkan latar belakang penelitian, maka rumusan masalah penelitian dirumuskan, Apakah ada perbedaan yang signifikan Pembelajaran Minat Baca Siswa melalui Cerita Humor di Smp Negeri 18 Baubau. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menerapkan metode Deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Baubau yang berjumlah 256 siswa. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling yang terdiri dari 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan T tabel diperoleh nilai 1,991 dan T hitung sebesar 62,129. Dapat disimpulkan bahwa t hitung sebesar 62,129 > 1,991 dari T tabel, sehingga Ho ditolak dan H1 diterima. Artinya tidak terdapat perbedaan yang signifikan minat baca siswa melalui cerita humor.
Unduhan
Referensi
M. M. Alshammari, “New developments in teaching reading comprehension skills to EFL learners,” Int. J. english Lang. Teach., vol. 3, no. 1, pp. 1–10, 2015.
H. D. Brown and P. Abeywickrama, Language assessment: Principles and classroom practices, vol. 10. Pearson Education White Plains, NY, 2010.
S. M. Ulfah, “KONSEP BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR (Studi Komparasi Pemikiran Dr. Pupu Saeful Rahmat, M. Pd dan Prof. Dr. H. Djaali dalam Psikologi Pendidikan),” Couns. J. Bimbing. Konseling Pendidik. Islam, vol. 1, no. 1, pp. 32–41, 2020.
M. S. Sutikno, “Belajar dan Pembelajaran, Prospect,” Bandung PT RefikaAditama, 2009.
P. Ur, A course in language teaching. Ernst Klett Sprachen, 2008.
F. Rahim, “Pengajaran membaca di sekolah dasar,” Jakarta bumi aksara, vol. 110, p. 1, 2008.
P. Sugiyono, “Metode penelitian kombinasi (mixed methods),” Bandung Alf., vol. 28, pp. 1–12, 2015.
R. Algafar, “Teachers’ Perspectives toward the Use of Humor in Teaching English as a Foreign Language,” Univ. Jambi, vol. 1, no. 1, pp. 1–11, 2017.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 English Education Journal

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.