THE EFFECTIVENESS OF SHORT ANIMATION VIDEO ON STUDENTS’ VOCABUARY MASTERY
DOI:
https://doi.org/10.55340/e2j.v8i2.1075Kata Kunci:
keefektifan, penguasaan vocabulary, video animasi pendekAbstrak
Masalah dalam penelitian ini adalah, apakah ada perbedaan yang signifikan pada penguasaan kosakata siswa sebelum dan sesudah penerapan video animasi pendek? Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan pengunaan video animasi pendek terhadap penguasaan kosakata siswa. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimental. Subjek penelitian ini terdiri dari 26 siswa kelasnVII SMPN 7 Baubau. Jenis penelitian ini adalah one-group pretest-posttest. Prosedur penelitian terdiri dari tiga langkah, yaitu pretest, treatment, dan posttest. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes yang di analisis dengan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunujkkan bahwa: (1) nilai rata-rata pretest adalah 44,12 dan nilai rata-rata posttest adalah 68,85. (2) dari hasil hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh t hitung sebesar 4,564, dan sig. (2-tailed) adalah 0.000 lebih kecil dari 0,05, sehingga Ha diterima dan Ho di tolak. Artinya ada perbedaan yang signifikan pada penguasaan kosakata siswa sebelum dan sesudah penerapan video animasi pendek. Oleh karena itu, pengajaran kosakata di SMPN 7 Baubau dengan menggunakan video animasi pendek adalah efektif.
Unduhan
Referensi
Arwin, “The Effectiveness of Using Animation Video on Teaching Vocabulary At the Seventh Years Students in Smpn 1 Palopo,” IAIN Palopo, 2017.
As’Ari, “Improving Students’ Vocabulary Matery Through Brain Based Learning (BBL) Strategy,” Pancasakti University Tegal, 2019.
D. Purnama, “Improving Students’ Vocabulary Mastery Through Animation Movie,” UIN Ar-Rainy Banda Aceh, 2018.
Fatimah, “Improving The Students’ Vocabulary Mastery By Using Picture Cardat The Eight Grade Of Smp Negeri 9 Parepare,” Institude Islamic Collge (IAIN) Parepare, 2019.
F. Rays, “Increasing Students’ Vocabulary By Using Stand Up Sequences Game At The Eight Grade Of SMP Negeri 2 Patampanua Kabupaten Pinrang,” STAIN Parepare, 2017.
F. & Thresia, F. & Palupi K, and D. Pitaloka, “The Effect of using Animation Video for Mentally Retarded Students in Vocabulary Mastery,” LIED (Linguistic, Lit. English Educ., vol. 1, no. 1, pp. 40–50, 2021.
J. Harmer, The Practice of nglish Languag Teaching. 2001.
Nasrin. D “The Effectiveness Of Hand Puppets in Teaching Vocabulary at SDN 4 Wameo”, Dayanu Ikhsanuddin University Baubau, 2020.
N. K. R. Ridwan, “The Effect of Using Animation Videos To Vocabulary Mastery at Grade XI Students of SMA Negeri 1 Siabu,” Institute For Islamic Studies Paddangsidimpuan, 2020.
Navy Y. “The Use Of Video to Improve Students’ Vocabulary Mastery in The Second Grade of SMPN 4 Baubau”, Dayanu Ikhsanuddin University Baubau, 2021.
Rahayu, “The Effectiveness of Using Islamic English Video Song to Improve the Students’ Vocabulary Mastery At Mtsn Balang-Balang Gowa,” UIN Alauddin Makassar, 2017.
S. Khafidoh, “The Effectiveness of Video Animation on Students’ Listening Skill,” Islamic Syarif Hidayatullah University Jakarta, 2016.
S. Sappe, “The Use Of Animation Video To Improve The Students Speakinng Skill,” Makassar Muhammaiyah University, 2020.
Triyani, "The Effect of Animation Video Toward Listening Skill on Grade Eighth Student at SMP Negeri 1 Batauga