PROBLEMS AND SOLUTIONS IN TEACHING ENGLISH (A CASE AT SMP NEGERI 1 BAUBAU)

Penulis

  • Risa Melati Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Wa Ode Hanafiah Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • La Dunifa Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/e2j.v8i2.1077

Kata Kunci:

solusi dalam mengajar, masalah guru, pembelajaran bahasa inggris

Abstrak

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) apa saja masalah guru dalam mengajar bahasa Inggris di kelas VII SMP Negeri 1 Baubau; dan (2) bagaimana guru mengatasi masalah dalam mengajar bahasa Inggris di kelas tujuh SMP Negeri 1 Baubau. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengungkap jenis masalah guru dalam mengajar bahasa Inggris di kelas VII SMP Negeri 1 Baubau; dan (2) untuk mengetahui solusi yang dilakukan guru dalam mengatasi masalah dalam pengajaran bahasa Inggris di kelas VII SMP Negeri 1 Baubau. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menerapkan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitan ini adalah sepuluh siswa kelas VII dan seorang guru SMP Negeri 1 Baubau. Instrument yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data (display data), dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan temuan dalam penelitian ini, hasil penelitian menunjukkan bahwa guru bahasa Inggris kelas tujuh menghadapi masalah ketika mrngajar bahasa Inggris, mereka kurang motivasi, kurangnya kosakata, kurangnya alokasi waktu dan kurangnya fasilitas. Berdasarkan permasalahan tersebut, guru mengambil solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menciptakan suasana yang menyenangkan, menjadi guru yang menyenagkan, menggunakan lagu, drama, permainan kosa kata dan alih kode, menyederhanakan materi, menambah alokasi waktu, serta menyediakan fasilitas di sekolah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

A. Rohani, Pengelolaan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2010.

O. Hamalik, Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2014.

Asep, Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo, 2008.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2016.

M. Fitrah and Luthfiyah, Metodologi Penelitian; Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Sukabumi: CV Jejak, 2017.

C. Narbuko and A. Achmadi, Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2003.

D. Mulyana, Ilmu Komunikasi : Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2008.

R. L. Kamal, “Kendala Pengajaran Bahasa Inggris Di Sekolah Dasar,” J. Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 2013.

K. H. Kadariah, “Faktor Kesuliatan Guru Dalam Proses Pembelajaran Ditinjau Dari Penggunaan Kurikulum, Struktur Materi, Sarana Dan Prasaran, Dan Alokasi Waktu,” JEKPEND J. Ekon. dan Pendidik., pp. 15–20, 2020.

Y. Nasucha, M. Rohmadi, and A. B. Wahyudi, Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Media Perkasa, 2014.

Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2003.

J. C. Richards, J. C. Richards, and W. A. Renandya, Methodology in language teaching: An anthology of current practice. Cambridge university press, 2002.

R. Wardaugh, An Introduction to Sociolinguistic. In Blackwell (Ed), 2006.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-11-15

Cara Mengutip

Melati, R., Hanafiah, W. O., & Dunifa, L. (2022). PROBLEMS AND SOLUTIONS IN TEACHING ENGLISH (A CASE AT SMP NEGERI 1 BAUBAU). English Education Journal, 8(2), 87-95. https://doi.org/10.55340/e2j.v8i2.1077

Terbitan

Bagian

Articles