THE EFFECT OF WRITING ANXIETY TOWARD WRITING SELF-EFFICACY ON GRADE EIGHTH STUDENTS AT SMP NEGERI 7 BAUBAU

Penulis

  • Lilis Ayu Saputri Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Nety Nety Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/e2j.v8i2.1078

Kata Kunci:

Kecemasan menulis, Efikasi diri dalam menulis

Abstrak

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan kecemasan menulis siswa terhadap efikasi diri menulis di SMP Negeri 7 Baubau. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan kecemasan menulis terhadap efikasi diri menulis di SMP Negeri 7 Baubau. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner, untuk mengetahui pengaruh kecemasan menulis terhadap efikasi diri menulis dalam penggunaan bahasa Inggris. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis statistik deskriptif, analisis prasyarat, dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan antara kecemasan menulis terhadap efikasi diri menulis. Kesimpulan ini didasarkan pada analisis statistik. Karena F¬hitung adalah 3,112 dengan nilai signifikan 0,183. nilai F¬hitung lebih kecil dari Ftabel dan nilai signifikansi lebih besar dari (0,05). Artinya hipotesis nol diterima dan hipotesis alternatif ditolak.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

D. V.M and D. H. Barlow, Intisari Psikologi Abnormal, IV. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2006.

H. Aydogan and A. A. Akbarov, “The Four Basic Language Skills, Whole Language & Intergrated Skill Approach in Mainstream University Classrooms in Turkey,” Mediteranian Joural Soc. Sci., vol. 5, 2014.

P. Wening, “The Correlation between Students’ Self-Efficacy andTheir Writing Performance at Sman 1 Kalirejo.,” 2016.

D. Nunan, Practical English Language Teaching. Singapore: McGraw Hill Company, 2003.

R. Arisman, “Buzz Group Technique to Increase Writing Skill at EFL Students of Junior High School in Indonesia,” Int. J. Theory Appl. Elem. Second. Sch. Educ., vol. 1, no. 2, pp. 81–94, Oct. 2019, doi: 10.31098/ijtaese.v1i2.64.

I. Karakaya and H. Ulper, “Developing a Writing Anxiety Scale and Examining Writing Anxiety Based on Various Variables,” Education, 2011.

Z. R, “The Role of Cognitive and Affective Factors in Measure of L2 Writing,” Writ. Commun., vol. 1, pp. 32–57, 2018.

Y. Cheng, “Factors Associated with Foreign Language Writing Anxiety,” Foreign Lang. Anal., vol. 6, pp. 647–656, 2002.

U. Jaenudin and A. Hambali, Teori-Teori Kepribadian. Bandung: Pustaka Setia, 2015.

S. M. N, “Pengaruh Pelatihan Komunikasi Interpersonal Terhadap Efikasi dan Sebagai Pelatih Pada Mahasiswa,” Yogyakarta, 2012.

K. M. Shah, P. M., Mahmud, W. H. W., Din, R., Yusof, A., and Pardi, “Self-Efficacy in the Writing of Malaysian ESL Learners.World Applied Sciences Journal 15 (Innovation and Pedagogy for Lifelong Learning),” 2011.

S. Yusuf, Metal Hygine: Terapi Psikopiritual untuk Hidup Sehat Berkualitas. Bandung: Maestro, 2009.

et al Clark, P David, wlson, M.E., Afghan, S., Anigbogu, B., Armstrong, P., Bennett, M., Hatton, S. C., Creswell, C., Dix, M., Kew, “Social Anxiety Disorder: Recognation, Assesment and Treatment.,” Br. Psychol. Soc. R. Coll. 22 Psychiatr. Engl., 2012.

A. Takahashi, “Self-perception of English Ability: Is it related to proficiency and/or class performance?,” English, no. Scovel 1978, pp. 39–48, 2009.

A. M. S. Al-Sawalha and V. F. Chow, Thomas, “The effects of writing apprehension in English on the writing process of Jordanian EFL students at Yarmouk University,” Int. Interdiciplinary J. Educ., vol. 1, no. 1, pp. 6–14, 2012.

R. K. Miller, Motives for Writing. Boston: McGraw Hill Company, 2006.

A. Mayers, Gateway to Academic Writing: Effective Sentence. USA: Longman, 2005.

J. Langan, English Skills. New York: McGraw-Hill Book Company, 2006.

D. Hashemnejad, F.; Zoghi, M.; Amini, “The Relationship between Self-efficacy and Writing Performances across Genders,” Theory Pract. Lang. Stud., vol. 4, 2014.

M. Basturkmen, H., & Lewis, “Learner perspectives of success in an EAP writing course,” Assess. Writ., vol. 8, 2002.

S. S. S, Abnormal Psychology: a discovery approach. California: Mayfield Publishing Company, 2000.

K. Kartini, Hygiene Mental dan Kesehatan Mental dalam Islam. Bandung: Mandar Maju, 1989.

Sarlito Wirawan Sarwono, Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Rajawali Pers, 2012.

J. S. Nevided, Psikologi Abnormal, 5th ed. Jakarta: Erlangga.

B. I. Sappaile, “Konsep Penelitian Ex-Post Facto,” vol. 1, pp. 105–113, 2010.

Sugiyono, Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Tarsito, 2010.

Y. S. Cheng, “A measure of second language writing anxiety: Scale development and preliminary validation,” J. Second Lang. Writ., vol. 13, no. 4, pp. 313–335, 2004, doi: 10.1016/j.jslw.2004.07.001.

A. R. Payne, “Development of the Academic Writing Motivation Questionnaire,” Master’s Theses, p. 36, 2012.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-11-15

Cara Mengutip

Saputri, L. A., & Nety, N. (2022). THE EFFECT OF WRITING ANXIETY TOWARD WRITING SELF-EFFICACY ON GRADE EIGHTH STUDENTS AT SMP NEGERI 7 BAUBAU. English Education Journal, 8(2), 96-106. https://doi.org/10.55340/e2j.v8i2.1078

Terbitan

Bagian

Articles