READING ANXIETY AND ITS EFFECT TOWARDS READING COMPREHENSION ON GRADE EIGHT STUDENTS OF SMP NEGERI 1 BAUBAU
DOI:
https://doi.org/10.55340/e2j.v8i2.1080Kata Kunci:
classroom reading anxiety, reading comprehensionAbstrak
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan yang signifikan antara kecemasan membaca terhadap pemahaman membaca pada siswa kelas delapan SMP Negeri 1 Baubau. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan kecemasan membaca terhadap pemahaman membaca pada siswa kelas delapan SMP Negeri 1 Baubau. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dilakukan dengan instrument peneletian ini berupa angket guna mengetahui kecemasan membaca siswa dan tes untuk mengetahui pemahaman membaca siswa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik deskrptif dan analisis statistik interferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai koefisien korelasi kecemasan membaca terhadap pemahaman siswa adalah 0,037 dengan tingkat signifikan 0,798. Karena sig.(2-tailled) > 0,05 maka hipotesis H0 di terima dan H1 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara kecemasan membaca di kelas terhadap pemahaman membaca pada siswa kelas delapan SMP Negeri 1 Baubau.
Unduhan
Referensi
R. Arisman, “The Relationship between Direct Language Learning Strategies and English Learning Proficiency at Senior High School Students,” J-SHMIC J. English Acad., vol. 7, no. 2, pp. 41–51, 2020, doi: https://doi.org/10.25299/jshmic.2020.vol7(2).5339.
M. Barzegar, F. S. Sajjadi, S. A. Talaei, G. Hamidi, and M. Salami, “Prenatal exposure to noise stress: anxiety, impaired spatial memory, and deteriorated hippocampal plasticity in postnatal life,” Hippocampus, vol. 25, no. 2, pp. 187–196, 2015.
J. Zbornik, “Reading anxiety manifests itself emotionally, intellectually,” Today’s Sch. Psychol., 2001.
J. Alico, “Reading Anxiety and Comprehension of Grade 8 Filipino Learners,” vol. 9, no. January 2015, 2017.
S. L. Videbeck, Psychiatric-Mental Health Nursing. 2011.
Y. Zheng, L. Cheng, and D. A. Klinger, “Do test formats in reading comprehension affect second-language students’ test performance differently?,” TESL Canada J., pp. 65–80, 2007.
M. Shea and N. Roberts, “Fives: an integrated strategy for comprehension and vocabulary learning,” J. Inq. Action Educ., vol. 8, no. 1, p. 6, 2016.
M. Alderson and K. Anderson, “Text Types in English 3,” South Yarra Macmillan Educ. Aust., 2003.
A. C. Klassen, J. Creswell, V. L. P. Clark, K. C. Smith, and H. I. Meissner, “Best practices in mixed methods for quality of life research,” Qual. life Res., vol. 21, no. 3, pp. 377–380, 2012.