THE INFLUENCE OF WRITING ANXIETY TOWARD WRITING SELF-EEFICACY ON GRADE EIGHT STUDENTS AT SMP NEGERI 3 BAUBAU

Penulis

  • Asti Wahyuni Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Rizal Arisman Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Mely Nadya Afrianti Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/e2j.v9i1.1240

Kata Kunci:

kecemasan menulis, efikasi diri menulis

Abstrak

Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah ada pengaruhu yang signifikan pada kecemasan menulis dan efikasi diri menulis pada siswa kelas delapan SMP Negeri 3 Baubau. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan pada kecemasan menulis terhadap efikasi diri menulis pada siswa kelas delapan SMP Negeri 3 Baubau. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket sebagai instumen untuk menentukan tingkat kecemasan menulis dan efikasi diri  siswa. Data yang diperoleh menggunakan angket dianalisis dengan uji statistik deskriptif, uji prasyarat, dan uji statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian ini, disampaikan bahwa hasil signifikansi sebesar 0,001. Karena nilainya lebih rendah dari 0,05, maka Ho ditolak dan Ha di terima. Ini berati ada pengaruh yang signifikan pada kecemasan menuks terhadapa efikasi diri menulis pada siswa kelas delapan SMP Negeri 3 Baubau

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

D. Nunan, Practical english language teaching. 2003.

H. G. Tarigan, Keterampilan Menulis. Bandung: ., 2005.

R. K. Miller, Motives for Writing. Boston: McGraw Hill Company, 2006.

A. Mayers, “Gateways to academic writing effective sentences, paragraphs, and essays.” New York: Longman, 2005.

J. Langan, English Skills, no. v. 6. McGraw-Hill, 2005. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=sT-ZiaXRGh4C

M. Younas et al., “Exploring the causes of writing anxiety: A case of BS English students,” Lang. India, vol. 14, no. 8, pp. 197–208, 2014.

A. Maritz and C. Brown, “Enhancing entrepreneurial self-efficacy through vocational entrepreneurship education programmes,” J. Vocat. Educ. Train., vol. 65, no. 4, pp. 543–559, 2013.

A. Bandura, “Self-efficacy in Changing Societies. new York: Cambridge university.” 1995.

A. Bandura, “Self-efficacy: The Exercise of Control. Encyclopedia of Human Behavior, 4, 71–81.” 1997.

A. Bandura and S. Wessels, Self-efficacy, vol. 4. na, 1994.

F. Hashemnejad, M. Zoghi, and D. Amini, “The relationship between self-efficacy and writing performance across genders,” Theory Pract. Lang. Stud., vol. 4, no. 5, pp. 1045–1052, 2014, doi: 10.4304/tpls.4.5.1045-1052.

A. D. Stajkovic and F. Luthans, “Self-efficacy and work-related performance: A meta-analysis.,” Psychol. Bull., vol. 124, no. 2, p. 240, 1998.

S. Zumbrunn, “Examining Dimensions of Self-Efficacy for Writing,” J. Educ. Psychol., pp. 105, 25–38, 2012.

M. W. Passer and R. E. Smith, Psychology: The science of mind and behavior. McGraw-Hill, 2004.

B. A. Hassan, “The Relationship of Writing Apprehension and Self-Esteem to the Writing Quality and Quantity of EFL University Students. Report Research. Faculty of Education, Mansoura University. Mesir,” Eric, pp. 1–37, 2001.

Y. S. Cheng, “A measure of second language writing anxiety: Scale development and preliminary validation,” J. Second Lang. Writ., vol. 13, no. 4, pp. 313–335, 2004, doi: 10.1016/j.jslw.2004.07.001.

A. A. M. S. Salem and M. A. Al Dyiar, “Writing Anxiety as a Predictor of Writing Self-Efficacy in English for Special Education Arab Learners,” Int. Educ. Stud., vol. 7, no. 6, pp. 128–134, 2014, doi: 10.5539/ies.v7n6p128.

Sugiyono, Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Tarsito, 2010.

S. Sugiyono and A. Susanto, “Cara Mudah Belajar SPSS dan Lisrel Teori dan Aplikasi untuk Analisis Data Penelitian,” Alf. Bandung, 2015.

D. Sugiyono, “Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D,” 2013.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-05-31

Cara Mengutip

Wahyuni, A., Arisman, R., & Afrianti, M. N. (2023). THE INFLUENCE OF WRITING ANXIETY TOWARD WRITING SELF-EEFICACY ON GRADE EIGHT STUDENTS AT SMP NEGERI 3 BAUBAU. English Education Journal, 9(1), 9-17. https://doi.org/10.55340/e2j.v9i1.1240

Terbitan

Bagian

Articles