STUDENTS’ PERCEPTION TOWARD THE ENGLISH TEACHER’S TEACHING STYLE ON THE EIGHTH-GRADE STUDENTS AT SMP NEGERI 7 BAUBAU

Penulis

  • Sanaria Maneba Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Asti Wahyuni B Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Vebby Chintya Vranciska Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/e2j.v9i1.1241

Kata Kunci:

gaya mengajar, persepsi, pelajaran bahasa Inggris

Abstrak

Permasalahan dalam penelitian ini adalah gaya mengajar seperti apa yang digunakan oleh guru dalam mengaar Bahasa Inggris pada siswa kelas VIII SMPN 7 Baubau. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya mengajar yang digunakan guru bahasa Inggris dalam mengajar bahasa Inggris pada siswa kelas delapan SMP Negeri 7 Baubau. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas delapan SMP Negeri 7 Baubau yang terdaftar pada tahun ajaran 2022/2023 pada semester ganjil. Dalam pengambilan sampel dari populasi, peneliti menggunakan teknik sampling kelompok dengan mengambil 60 siswa sebagai sampel penelitian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner gaya mengajar guru. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, ditemukan bahwa skor rata-rata gaya ahli adalah 2,9 dengan kategori tinggi, skor rata-rata gaya otoritas formal adalah 2,7 dengan kategori sedang, skor rata-rata gaya model pribadi adalah 2,5 dengan kategori sedang, skor rata-rata gaya fasilitator adalah 2,9 dengan kategori tinggi, dan skor rata-rata gaya delegator adalah 2,8 dengan kategori sedang. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa gaya mengajar yang paling banyak digunakan oleh guru bahasa Inggris di kelas delapan di SMP Negeri 7 Baubau adalah gaya ahli dan gaya fasilitator.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

F. Munir, “Most Frequent Teaching Styles and Students’ Learning Strategies in Public High Schools of Lahore, Pakistan.,” Sci. Int., vol. 28, no. 2, 2016.

M. Asrori, Psikologi Pembelajaran. 2009.

J. Joanes and A. Soffian, “Persepsi dan Logik,” Univ. Teknol. Malaysia. Johor Baru, Malaysia, 2014.

B. Walgito, Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset Widayatun, 2004.

Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. 2010.

J. C. Richards and R. Schmidt, Longman Dictionary of Language Teaching and Applied Linguistics (3rd ed). 2002.

P. M. Senge, “The Academy as Learning Community: Contradiction in Terms or Realizable Future,” Lead. Acad. Chang. Essent. roles Dep. chairs, pp. 275–300, 2000.

P. S. Rahmat, Strategi Belajar Mengajar. Surabaya: PT. Scopindo Media Pustaka, 2019.

N. Kusumawati and E. S. Maruti, Strategi Belajar Mengajar di Sekolah Dasar. Magetan: CV. AE Media Grafika, 2019.

D. Thoifuri and M. Ag, Menjadi Guru Inisiator. 2008.

A. Muhammad, Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2002.

H. Darmadi, “dimensi-dimensi Metode Penelitian dan Sosial,” Bandung Alf., 2013.

R. Rustam, “The Students’ Perception of Teacher’s Style in Teaching English at SMPN 1 Maniangpajo Kab. Wajo,” IAIN Parepare, 2021.

J. W. Creswell, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research., 4th ed. United States of America: Pearson Education, Inc., 2012.

N. Nursyfah, “Teaching style of English tutor in teaching English material at the dormitory of iain parepare,” IAIN parepare, 2022.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-05-31

Cara Mengutip

Maneba, S., Wahyuni B, A., & Vranciska, V. C. (2023). STUDENTS’ PERCEPTION TOWARD THE ENGLISH TEACHER’S TEACHING STYLE ON THE EIGHTH-GRADE STUDENTS AT SMP NEGERI 7 BAUBAU. English Education Journal, 9(1), 18-27. https://doi.org/10.55340/e2j.v9i1.1241

Terbitan

Bagian

Articles