IMPROVING STUDENTS’ READING COMPREHENSION THROUGH PQRST TECHNIQUE OF ELEVENTH GRADE AT SMA NEGERI 1 KAPONTORI

Penulis

  • Baharudin Adu Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Baharudin Baharudin Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Muh. Zakaria Edi Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/e2j.v9i1.1243

Kata Kunci:

Meningkatkan, Teknik PQRST, Pemahaman Membaca

Abstrak

Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah ada perbedaan pemahaman bacaan siswa yang telah di ajar menggunakan teknik PQRST kelas XI di SMA Negeri 1 Kapontori. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pemahaman membaca yang signifikan antara siswa yang belajar menggunakan teknik PQRST dan siswa yang tidak di ajar dengan metode ini. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain kuasi experimen dengan kelompok control non-ekuivalen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kapontori yang berjumlah 136 siswa. Sampel di ambildengan menggunakan teknik cluster sampling yang terdiri dari siswa kelas XI MIPA 2 dan XI MIPA 3 yang masing-masing kelas berjumlah 28 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan ganda dengan 25 soal. Data di kumpulkan dari hasil pre-test dan post-test dari masing-masing kelas. Kemudian di analisis dengan menggunakan analisis deskriptif  dan analisis inferensial. Berdasarkan hasil penelitian, nilai rata-rata kelas experiment adalah 59.14 pada pre-test dan 71.14 pada post-test. Sedangkan nilai rata-rata di kelas control adalah 62.15 pada pre-test dan 66.78 pada post-test. Hasil pengujian hipotesisdengan menggunakan independen sample T-Test, di dapatkan bahwa sig. 2 arah adalah 0.00 lebih kecil dari 0.05. Dengan kata lain, H0 di tolak dan HI di terima, sehingga dapat di simpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang di ajar dengan teknik PQRST dengan siswa yang di ajar dengan metode konvensional kelas XI SMA Negeri 1 Kapontori.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

S. P. Siagian, “Manajemen sumber daya manusia,” 2008.

H. Kridalaksana, “Kelas Kata dalam Bahasa Indonesia Edisi Kedua,” Jakarta: Gramedia pustaka utama, 2007.

S. Krashen, “Second language acquisition,” Second Lang. Learn., vol. 3, no. 7, pp. 19–39, 1981.

B. Susser and T. N. Robb, “EFL extensive reading instruction: Research and procedure,” Jalt J., vol. 12, no. 2, pp. 161–185, 1990.

D. Nurhadi, “Membaca Cepat dan Efektif.” Bandung: CV. Sinar Baru, 1987.

F. Rahim, “Pengajaran membaca di sekolah dasar,” Jakarta bumi aksara, vol. 110, p. 1, 2008.

H. G. Tarigan, “Menulis: Sebagai suatu keterampilan berbahasa,” (No Title), 2008.

H. Dalman, “Keterampilan membaca,” Jakarta Raja Graf. Persada, 2013.

M. K. Redway, “Membaca cepat metode mutakhir menambah kecepatan membaca dan meningkatkan pemahaman,” Jakarta Pustaka Binaman Press., 1992.

A. Sabarti, “dkk,(1992/1993),” Bhs. Indones. I.

J. Sinulingga, “Implementasi Metode PQRST dalam Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca (Reading) Mahasiswa,” J. Bahas, vol. 19, no. 02, 2010.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-05-31

Cara Mengutip

Adu, B., Baharudin, B., & Edi, M. Z. (2023). IMPROVING STUDENTS’ READING COMPREHENSION THROUGH PQRST TECHNIQUE OF ELEVENTH GRADE AT SMA NEGERI 1 KAPONTORI. English Education Journal, 9(1), 37-44. https://doi.org/10.55340/e2j.v9i1.1243

Terbitan

Bagian

Articles